Tanggal hari bulan baik dan buruk menurut primbon jawa

Untuk mencari hari baik dalam kalender jawa, tentu kita harus mengetahui hari buruk atau hari naasnya. Terutama jika anda ingin mengadakan hajatan seperti pernikahan, sunat (khitan), pesta dan hari besar lainnya. Dalam primbon jawa bukan hanya dalam jodoh, salah memilih bulan hajatan diramalkan akan mendatangkan bencana bahkan kematian. Memilih bulan baik akan mendatangkan keberuntungan dan kelamatan dalam kenidupan berumah tangga.

Hari Larangan

Ada beberapa cara menghitung dan mencari tanggal baiknya untuk melakukan hajatan. Tapi yang terpenting anda harus menghindari hari larangan untuk melaksanakan hajat. Ada 3 cara perhitungan hari larangan yaitu Tanggal sangar, Bangas Pawedan, Taliwangke. Untuk hajat nikah anda harus memilih bulan yang dianggap baik dan menghindari bulan tidak baik.

Hari bulan baik dan buruk primbon jawa
Hari, bulan baik dan buruk untuk hajatan. Hari larangan hari sangar, bangas padewan, taliwangke.

Hari Sangar

Hari sangaran adalah tanggal naas yang berisi larangan hari dan larangan bulan untuk melaksanakan hajatan pernikahan. Berikut tabel hari sangaran:

Tanggal
Bulan
18
Sura
10
Sapat
8
Rabiul awal
28
Rabiul akhir
28
Jumadil awal
18
Jumadil akhir
18
Rajab
26
Ruwah
24
Puasa
2
Syawal
28
Zulkaidah

Bangas Padewan

Bangas Padewan hari larangan hajatan pernikahan, sunat (khitan) dan hajat lainnya.

Tanggal Jawa
Bulan
11
Sura
20
Sapar
1, 15
Rabiul awal
10, 20
Rabiul akhir
10, 11
Jumadil awal
10, 14
Jumadil akhir
13, 27
Rajab
4, 28
Ruwah
7, 9, 20
Puasa
10
Bulan syawal
2, 22
Zulkaidah
6, 20
Besar

Taliwangke

Taliwangke adalah hari larangan mengadakan hajatan, jika dilakukan pada tanggal taliwangke diramalkan akan mendatangkan bencana dan kesukaran. Terdiri atas hari dan pasaran. Nama-nama hariĀ  dalam sistem pancawara (pasaran jawa): pahing, pon, wage, kliwon, legi. Berikut tabel Taliwangke:

Hari Pasaran
Bulan
Senin kliwon
Jumadil awal
Senin kliwon
Zulkaidah
Selasa Legi
Jumadil Akhir
Selasa legi
Besar
Rabu pahing
Sura
Rabu pahing
Rajab
Kamis pon
Sapar
Kamis pon
Ruwah
Jumat wage
Rabiul awal
Jumat wage
Puasa
Sabtu kliwon
Rabiul akhir
Sabtu kliwon
Syawal

Bulan Baik dan Tidak Baik Beserta Artinya

Dalam kalender jawa ada 12 bulan dimana setiap bulan berdasarkan primbon tidak semuanya baik untuk mengadakan hajat.

Bulan
Arti Ramalan
Sura
Pada bulan sura janganlah melaksanakan pernikahan dan hajat lainnya. Dikhawatirkan dalam kehidupan rumah tangga banyak pertengkaran. Mengalami cobaan kesulitan hidup.
Sapar
Mengadakan hajat pada bulan sapar boleh saja. Tapi dapat berakibat dalam rumah tangga banyak hutang dan serba kekurangan.
Rabiul awal
Sangat tidak dianjurkan dan dilarang mengadakan hajatan bulan ini. Karena akan mendatangkan kematian. Salah satu pasangan diramalkan cepat meninggal. Hindari malapetaka dibulan Rabiul awal.
Rabiul akhir
Jika mengadakan hajatan pada bulan ini maka akan mendapatkan banyak cacian, hinaan dan pergujingan oleh orang lain. Baik itu tetangga maupun sanak saudara.
Jumadil awal
Pada bulan jumadil awal boleh saja melaksanakan hajatan. Tapi risikonya adalah dalam kehidupan rumah tangga akan mendatangkan banyak musuh. Banyak kehilangan barang dan sering ditipu oleh orang lain.
Jumadil akhir
Akan sangat baik jika anda mengadakan hajatan, maupun pesta apapun dibulan jumadil akhir. Karena akan mendatangkan keberuntungan berupa harta kekayaan yang berlimpah.
Rajab
Bulan rajab sangat disarankan untuk hajatan sebab akan mendapatkan keberkahan, keselamatan, dan jika pasangan weton cocok akan memiliki banyak anak.
Ruwah
Akan mendatangkan keselamatan dan kedamaian dalam rumah tangga.
Puasa
Jangan nekat mengadakan hajat bulan ini. Karena akan berakibat buruk yaitu mengalami celaka dalam hidup.
Syawal
Kurang baik untuk hajat karena bulan ini akan sulit mencari rejeki, serba kekurangan dan banyak hutangnya.
Zulkaidah
Dalam kehidupan suami istri akan sering sakit-sakitan. Akan mendatangkan banyak musuh karena sering bertengkar dengan orang lain.
Besar
Bulan jawa besar ini sangat baik untuk melaksanakan hajatan apapun. Anda akan memperoleh banyak rejeki dan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Catatan: Bulan jumadil akhir, rajab, ruwah, dan besar jika didalam bulan tersebut terdapat hari dan pasaran selasa kliwon, maka artinya sangat baik untuk melaksanakan pernikahan. Di bulan-bulan itu jika terdapat jumat kliwon maka akan baik juga. Jika pada bulan tersebut tidak ada selasa kliwon, lebih baik dicari bulan baik di tahun tersebut.

Baca: Hari baik dan buruk tahun 2021