Home » primbon » Taliwangke Tahun 2022 Hari Buruk Yang Harus Dihindari

Taliwangke Tahun 2022 Hari Buruk Yang Harus Dihindari

Taliwangke – artinya hitungan primbon hari, pasaran, wuku yang terlarang untuk mengadakan hajatan karena dapat mendatangkan keburukan (sengkala). Dalam bahasa jawa taliwangke artinya mengunci mayat. Pelaksanaan hajatan bagi suku jawa selalu memperhitungkan hari baik dan buruk. Menghitung tanggal naas dilakukan sebelum pelaksanaan hajat pernikahan, khitanan, buka usaha dan acara lainnya. Sebaiknya sebelum bepergian jangan memilih hari naas ini. Meskipun ada kemiripan nama dengan samparwange, tapi itu berbeda waktunya. Dina ala dina apik lainnya adalah Samparwangke, Sengkan,  Kaladite, Bangas Padewan, Naas Tanggal, Naas Nabi, Sarikagung, Sangar Tanggal, Kunarpawarsa (tahun bencana), Sangarwarsa. Dina ala ada pada kalender jawa.

Penanggalan jawa

Penanggalan jawa walaupun mirip dengan penanggalan masehi, terdapat perbedaan. Persamaannya ada hari, tapi pada kalender jawa ada pasaran(pekan) dan juga yang mencantumkan wuku sama dengan kalender bali. Sebagian nama bulan jawa diambil dari Kalender Hijriyah dengan nama-nama Arab, tetapi beberapa di antaranya menggunakan nama dalam bahasa Sanskerta seperti Pasa, Séla, dan kemungkinan juga Sura, sedangkan nama Apit dan Besar berasal dari bahasa Jawa dan bahasa Melayu.

Hari

Jumlah hari penanggalan jawa sama dengan hari masehi yaitu 7 hari. Yaitu Senin, Selasa, Rabu (Rebo), Kamis (Kemis), Jumat (Jemuwah), Sabtu (Setu), Minggu.

Pasaran

Pasaran jawa itu sepekan atau seminggu pada kalender masehi. Perbedaannya pada jumlah hari, pada penanggalan jawa sepekan siklusnya 5 hari sedangkan masehi 7 hari. Pekan jawa dinamakan Pancawara yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon. Mengapa disebut pasaran? karena dulunya pasar tradisional dibukanya hanya pada hari tertentu, sesuai nama harinya.

Wuku

Cara mengitung

Cara menghitung taliwangke adalah menggunakan kalender jawa tahun terbaru. Untuk tahun ini misalnya kalender jawa tahun 2022. Pada umumnya kalender jawa yang beredar biasanya cuma ada hari dan pasaran. Berikut tabel penanggalan jawa taliwangke berdasarkan kitab primbon:

Hari
Pasaran
Bulan
Senin
Kliwon
Jumadilawal
Senin
Kliwon
Zulkaidah
Selasa
Legi
Jumadilakhir
Selasa
Legi
Besar
Rabu
Pahing
Sura
Rabu
Pahing
Rajab
Kamis
Pon
Sapar
Kamis
Pon
Ruwah
Jumat
Wage
Rabiulawal
Jumat
Wage
Puasa
Sabtu
Kliwon
Rabiulakhir
Sabtu
Kliwon
Syawal
penanggalan taliwangke
penanggalan taliwangke

Setelah kita mengetahui tanggal jawanya, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengubahnya ke tanggal masehi.

Taliwangke tahun 2022

Pada kalender jawa tahun 2022 yang lengkap biasanya mencantumkan hari baik dan buruk. Berikut konversi taliwangke dari penanggalan jawa ke penanggalan masehi:

Tanggal Masehi
Tanggal Jawa
Hari
Pasaran
Wuku
 24 Januari 2022
20 Jumadil Akhir 1955
Senin
Kliwon
Wuye
1 Maret 2022
27 Rejeb 1955
Selasa
Legi
Wayang
6 April 2022
4 Poso 1955
Rabu
Pahing
Landhep
12 Mei 2022
10 Syawal 1955
Kamis
Pon
Warigalit
17 Juni 2022
17 Dulkaidah 1955
Jumat
Wage
Kuningan
22 Agustus 2022
24 Suro 1956
Senin
Kliwon
Wuye
27 September 2022
1 Mulud 1956
Selasa
Legi
Wayang
2 Nopember 2022
7 Bakda Mulud 1956
Rabu
Pahing
Landhep
8 Desember 2022
14 Jumadil Awal 1956
Kamis
Pon
Warigalit
Share on: