Tahun Baru Imlek di indonesia dan luar negeri

barongsai perayaan tahun baru imlek di singkawang

Sumber poto @facebook Blue Jee

Tahun Baru Imlek (Sin Cia) adalah sebutan untuk pergantian tahun baru cina di Indonesia, untuk nama resmi tahun baru imlek di berbagai negara lainnya memang menggunakan nama resmi yang berbeda dikarenakan perbedaan arti bahasa, termasuk negara-negara di Asia Tenggara.

Tahun Baru Imlek di Indonesia

Sejarah

Larangan perayaan tahun baru imlek

Tahun Baru Imlek, yang secara resmi diberi nama Tahun Baru Imlek atau Sin Cia di Hokkien, Juga telah dirayakan oleh orang-orang Cina-Indonesia Setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri yaitu pada tahun 1999. Pada tahun 2003 Presiden

Di Indonesia, selama tahun 1968-1999, perayaan tahun baru Imlek dilarang dirayakan di depan umum. Dengan Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967 banyak larangan perayaan festival dan budaya masyarakat tionghoa termasuk imlek.

Tahun baru imlek menjadi hari libur nasional

Masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia baru bisa mendapatkan kebebasan merayakan tahun baru Imlek pada tahun 2000 ketika Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Inpres Nomor 14/1967.

Pada tahun 2000, Presiden Abdurrahman Wahid mengumumkan Imlek sebagai hari libur nasional opsional (hanya berlaku bagi mereka yang merayakannya).Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri mulai tahun 2003.

Perayaan dan ritual keagamaan tahun baru Imlek di Indonesia

Ritual

bagi warga tionghoa ada beberapa pelaksanaan upacara keagamaan atau adat budaya yang wajib dilaksanakan seperti :

Satu hari sebelum atau pada saat hari raya Imlek
1. memelihara meja abu atau lingwei (lembar papan kayu bertuliskan nama almarhum leluhur)
2. pemujaan kepada leluhur, seperti dalam upacara kematian, , bersembahyang leluhur seperti yang dilakukan di hari Ceng Beng (hari khusus untuk berziarah dan membersihkan kuburan leluhur).

satu hari sebelumnya atau pada saat Hari Raya Imlek para anggota keluarga akan datang ke rumah anggota keluarga yang memelihara lingwei (meja abu) leluhur untuk bersembahyang, atau mengunjungi rumah abu tempat penitipan lingwei leluhur untuk bersembahyang.

Perayaan dan tradisi

Kota-kota besar di Indonesia yang mayoritas banyak orang tionghoa merayakan acara tahun baru imlek secara besar-besaran, Pada umumnya pusat pertokoan banyak yang tutup karena banyak dari mereka menetapkan hari raya imlek sebagai hari libur kerja. Kota-kota besar yaitu Singkawang, Batam, Ketapang, Pangkal Pinang, Binjai, Bagansiapiapi, Jakarta, Medan, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Selat Panjang, Tanjung Pinang, dan Pontianak selalu merayakan Tahun Baru setiap tahun dengan parade barongsai dan kembang api.

Barongsai

Peragaan naga barongsai selalu ada di setiap perayaan atau festival pada hari cap go meh atau setelah tahun baru imlek. Salah satu kota yang selalu mengadakan turnamen Barongsai di indonesia adalah kota Singkawang. Kota singkawang juga dikenal sebagai kota “Amoy”. Pada 22 – 24 Februari 2018 imlek tahun ini juga di adakan acara besar-besaran dalam rangka memperingati Imlek dan Cap Go Meh 2018 yang akan dihadiri peserta dari seluruh indonesia dan luar negeri.

perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2018

Sumber poto @facebook Pasti ke Singkawang

Barongsai merupakan salah satu budaya Tionghoa yang melambangkan keberanian, stabilitas, dan keunggulan.
Konon, atraksi barongsai mampu mengusir roh jahat dan hawa” negatif.

Angpau

Angpau ini merupakan salah satu tradisi masyarakat tionghoa indonesia, tidak hanya pada tahun baru imlek saja juga pada perayaan budaya tionghoa lainnya seperti masuk rumah baru, ulang tahun, hari pernikahan dan juga memberi bonus kepada pemain barongsai yang sedang malakukan atraksi mereka. Angpau berasal dari bahasa hokkien yang artinya amplop merah yang didalamnya terdapat uang. biasanya di bagikan kepada sanak saudara dan orang lain.

Tahun baru imlek 2018

Tahun baru imlek 2018 jatuh pada tanggal 16 februari 2018 hari jumat kalender masehi, merupakan tahun anjing. Dalam siklus 12 tahun zodiak cina yang terkait dengan kalender cina Tahun Anjing dikaitkan dengan simbol Cabang Duniawi

Berikut ini adalah nama resmi tahun baru imlek di berbagai negara dan bentuk perayaan/festival di masing-masing negara.

Tahun Baru Imlek di luar negeri

Brunai

Nama Resmi : Tahun Baru Cina
Perayaan festival : Malam Tahun Baru (setengah hari) dan Hari Tahun Baru.

Hong Kong

Nama Resmi : Lunar New Year
Perayaan festival : 3 hari pertama

Macau

Nama Resmi : Chinese New Year (Tahun Baru Cina)

Perayaan festival : 3 hari pertama

Malaysia

Nama Resmi : Tahun Baru Cina

Perayaan festival : 2 hari pertama dan setengah hari di Malam Tahun Baru

Cina daratan (Mainland China)

Nama Resmi : Spring Festival (Chūn Jié)

Perayaan Festival : 3 hari pertama Biasanya, Sabtu sebelum dan hari Minggu setelah Tahun Baru Imlek dinyatakan sebagai hari kerja, dan 2 hari libur tambahan ditambahkan ke hari libur resmi 3 hari, sehingga orang memiliki 7 hari berturut-turut, termasuk akhir pekan.

Philippines

Nama Resmi : Bagong Taón ng mga Tsino

Perayaan festival : Hari Tahun Baru

Taiwan

Nama Resmi : Spring Festival

Perayaan Festival : Malam Tahun Baru dan 3 hari kerja pertama

Singapore

Nama Resmi : Chinese New Year

Perayaan Festival : 2 hari pertama dan setengah hari di Malam Tahun Baru