Home » Tahun Baru Imlek » Tahun Baru Imlek dan Feng Shui 2019

Tahun Baru Imlek dan Feng Shui 2019

tahun baru imlek 2019

Tahun Baru Cina, juga disebut Tahun Baru Imlek, adalah perayaan terbesar dalam budaya Tiongkok. Ini adalah perayaan panjang yang berlangsung selama 15 hari. Karena itu tergantung pada siklus bulan – ia datang pada hari yang berbeda setiap tahun dan dianggap sebagai awal Musim Semi. Setiap tahun, seperti yang mungkin Anda ketahui, memiliki hewan zodiak China tertentu, serta unsur feng shui yang terkait dengannya. Ini menentukan kualitas energi di Tahun Baru.

2019 adalah Tahun Babi Bumi. Ini dimulai pada 5 Februari 2019. Bagi para praktisi dan penggemar feng shui tradisional, ini juga saatnya untuk menyesuaikan pengobatan feng shui tahunan.

Ada beberapa dasar dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Pertama, penting untuk membersihkan rumah Anda secara menyeluruh, serta menggunakan beberapa ruang kosong untuk mengukur energi feng shui di rumah Anda agar lebih jelas. Ini adalah yang terbaik dilakukan sebelum Tahun Baru sehingga energi yang jernih dapat diselesaikan. Di Tahun Baru dianggap sebagai nasib buruk, jadi adalah tempat terbaik untuk tinggal di kota dan menjaga rumah tetap damai dan bersih.

Kedua, banyak perhatian diberikan pada dekorasi khusus yang digunakan untuk Tahun Baru, baik sebagai obat Feng Shui untuk tahun itu, maupun dekorasi Tahun Baru Imlek. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa rumah-rumah Cina (dan bisnis) dihiasi dengan banyak barang yang berbahaya untuk membawa simbol Kebahagiaan, Panjang Umur, Kemakmuran, dll. Berbagai bunga dan buah-buahan juga digunakan dalam dekorasi Tahun Baru untuk makna dan energi spesifik mereka.

Pada dasarnya, setiap dan semua upaya menuju terciptanya energi yang bersih dan harmonis dalam rangka menyambut dan melabuhkan berkat Tahun Baru. Seperti halnya acara apa pun, warna dianggap penting. Kebanyakan orang Tiongkok mengenakan pakaian baru untuk perayaan Tahun Baru untuk menghormati kelahiran energi baru. Memakai warna tertentu setiap tahun berdasarkan energi shio Tahun Baru Imlek juga merupakan kebiasaan yang populer.

Baca: Apa Warna yang Beruntung di Tahun Baru Imlek 2019?

Makanan, hidangan, dan perayaan Tahun Baru Imlek dengan berbagai hidangan tradisional disajikan karena makna dan hubungannya dengan energi tertentu. Misalnya “ikan” dalam bahasa Kanton terdengar seperti “kelimpahan”, jadi ada hidangan ikan di perayaan Tahun Baru Imlek. Mie yang belum dipotong melambangkan umur panjang, sedangkan banyak hidangan manis adalah ungkapan harapan akan rasa manis di Tahun Baru. Jeruk mandarin adalah suatu keharusan di meja Tahun Baru Imlek karena mereka adalah simbol keberuntungan, juga disebut keberuntungan emas.

Pagi hari setelah Tahun Baru Imlek banyak amplop merah tradisional(angpao) dengan sedikit uang di dalamnya diberikan kepada anak-anak dan teman-teman. Ini melambangkan generasi yang lebih tua ke generasi yang lebih muda, serta keinginan untuk kemakmuran dan kesejahteraan finansial. Hadiah kecil dipertukarkan antara anggota keluarga dan teman. Perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama 15 hari dengan Festival Cap Go Meh menjadi puncak dari liburan besar ini. Ini adalah hari ketika ratusan lilin dinyalakan untuk melambangkan kedatangan cahaya segar Tahun Baru.

Entah Anda ingin mengikuti kebiasaan tradisional Tiongkok untuk merayakan Tahun Baru atau tidak, apa yang Anda lakukan? Buka untuk menyambut awal yang baru. Dan, tentu saja, agar ruang Anda mencerminkan kesegaran dan keterbukaan ini dengan aliran energi feng shui yang baik di dalamnya.

Share on: