Sejarah Cap Go Meh dan lampu lampion imlek

Cap go meh 2018 jatuh pada tanggal 2 Maret 2018, yang merupakan hari penutup tahun baru imlek 2569. Perayaan dan festival barongsai di adakan di berbagai kota di indonesia bukan hanya pada hari cap go meh saja tapi jauh hari kegiatan barongsai  sudah dilaksanakan. Hiasan lampu lampion menghiasi setiap jalan dan tempat keramaian, termasuk pusat perbelanjaan seperti mall dan pertokoan.

Festival barongsai di singkawang

Festival barongsai di singkawang

Pada malam hari cap go meh langit selalu dihiasi dengan kemunculan bulan purnama, memang fenomena ini menjadi misteri. Tradisi memasang lampu lampion yang jumlah bisa ribuan telah menjadi kebiasasaan di negara manapun termasuk indonesia. tradisi lain misalnya makan nasi ketan setelah diadakan acara festifval dan hari itu tak terasa berkumpul bersama keluarga menjadi sangat penting, sama pentingnya dengan tahun baru imlek pada hari pertama.

Sejarah cap go meh

Belum ada penjelasan yang pasti tentang sejarah cap go meh, karena ada banyak versi yang beredar. ada hal yang pasti yaitu hubungan manusia, alam dan penciptanya. akan tetapi ada sejarah yang mungkin mendekati dengan peristiwa cap go meh yang selalu diperingati sekarang ini.

Pada zaman di dinasti Han (206 SM – 221 SM0, ada kepercayaan yang menganggap Dewa Thaiyi adalah dewa yang yang tertinggi di langit. Konon dewa Thaiyi memiliki 16 naga di belakangnya dan mempunyai kekuasaan mengatur badai, kelaparan, wabah penyakit dan juga kekeringan di bumi. Kaisar pertama cina Qinshiuang memerintahkan mengadakan upacara besar-besaran setiap tahun untuk menghormati dewa Thaiyi. Upacara itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi di malam hari tanpa rakyat mengetahuinya. Sejak zaman dinasti han, perayaan itu dilakukan terbuka dan boleh diikuti masyarakat umum. jadi rakyat biasapun boleh merayakannya dan ikut bersuka ria dengan memasang lentera pada malam hari.

Tradisi

Kita mengenal valentine sebagai hari kasih sayang, dalam tradisi masyarakat tionghoa ada keunikan tersendiri dalam ritual cap go meh yaitu bagi wanita yang belum menikah memanjatkan doa denan membuang jeruk ke laut. di banyak kota indonesia jeruk bali sangat laris menjelang hari-hari tahun baru imlek dan cap gomeh. terutama di daerah yang padat komunitas marga tionghoa seperti Singkawang, Palembang dan medan. Tradisi lain adalah menyalakan kembang api dan petasan. yang memiliki sejarah tersendiri. konon dengan menghidupkan petasan dan mengeluarkan suara-suara hingar bingar dapat mengusir mahkluk jahat yang ada di dunia.

Lontong Cap Go Meh makanan khas!!

lontong cap go meh

lontong cap go meh

Salah satu masakan yang selalu terhidang di tahun baru imlek terutama pada hari Cap Go Meh adalah Lontong Cap GO Meh. Terbuat dari beberapa sajian nasi yang di kukus dangan campuran daun kelapa dan tambahan sayur-sayuran. Lontong Cap Go Meh merupakan makanan khas dan spesial yang wajib ada dalam setiap perayaan tahun baru imlek dan cap go meh.