Salam Tahun Baru Imlek 2020 dan Tradisi Cina

imlek 2020

imlek 2020

Tahun Tikus Imlek 2020 pada kalender indonesia (Masehi) jatuh pada hari Sabtu, Tanggal 25 Januari 2020. Ini adalah Tahun Tikus menurut zodiak Tiongkok, yang menampilkan siklus 12 tahun dengan setiap tahun diwakili oleh hewan tertentu. Orang yang lahir di Tahun Tikus termasuk 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, dan 2008 akan mengalami Tahun Lahir Shio (Ben Ming Nian).

Ucapan Imlek

Ada beberapa variasi salam untuk tahun baru imlek. Yang paling mendasar dan sering diucapkan adalah Selamat Tahun Baru Imlek, Happy New Year (dalam bahasa inggris), Gong Xi Fa Cai (dalam bahasa cina) atau anda dapat menggunakan ucapan yang paling sederhana, Selamat Tahun Baru: 新年 快乐 (xīn nián kuài lè).

Cina banyak terdapat dialek. Ada sekitar 55 bahasa etnis minoritas di cina. Tapi dialek yang paling dikenal adalah Shanghai, Kanton dan dialek Beijing.

Di wilayah berbahasa Kanton, lebih populer mengucapkan 恭喜 发财 (gung1 hei2 faat3 coi4) . Ini adalah berkah bagi kekayaan dan kemakmuran. Ungkapan ini juga digunakan di daerah lain (Mandarin: Gōngxǐ fācái) . Tapi orang Kanton suka mengatakan ini sebagai ganti “Selamat Tahun Baru.”

Tetapi jika Anda ingin belajar, “Selamat Tahun Baru” dalam bahasa Kanton diucapkan: san1 nin4 faai3 lok6 !

春节 快乐 (chūn jiē kuài lè)
Happy Spring Festival dalam bahasa Mandarin.

ceon1 zit3 faai3 lok6 !
Happy Spring Festival dalam bahasa Kanton.

Anda juga dapat mengucapkan 春节 愉快 (chūn jiē yú kuài) , yang menggunakan cara yang lebih formal untuk mengatakan “bahagia.” Dalam bahasa Kanton, ini: ceon1 zit3 jyu4 faai3

Beberapa variasi yang lebih puitis dan “canggih” dari “Selamat Tahun Baru”:

恭 贺新禧 (gōng hè xīn xǐ)
Terjemahan literal: selamat dengan hormat pada Tahun Baru.

新春 志 禧 (xin chūn zhì xǐ)
Terjemahan literal: untuk merekam kebahagiaan dari musim semi yang baru.

Bàinián dan kowtow

Dapat dikatakan bahwa budaya Tiongkok didasarkan pada Konfusianisme. Filosofi ini menekankan perilaku, kesopanan, dan rasa hormat. Usia, status dan pangkat tertanam dalam tindakan. Ini sangat jelas selama Tahun Baru Imlek.

Tindakan menyapa dan memberkati selama Tahun Baru Imlek disebut 拜年 (bài nián) , yang secara harfiah berarti mengunjungi Tahun Baru. Anda harus mengunjungi yang tertua (senior dari pihak suami) di keluarga terlebih dahulu. Jangan lupa membawa hadiah!

Tradisi

Makan Malam

Orang cina selalu menyambut tamunya dengan suguhan makanan. Sepanjang tahun baru imlek, makan malam merupakan reuni keluarga yang sudah menjadi tradisi setiap tahun. Budaya makan malam tidak hanya tentang menu makanan, akan tetapi juga dalam mengatur meja makanan dan posisi keluarga yang duduk di sekelilingnya. Jika meja tradisional digunakan, akan ada 4 bangku. Setiap kursi 8 orang. Yang tertua duduk di utara, menghadap ke selatan. Kemudian dalam urutan menurun, orang-orang duduk di timur, barat dan terakhir selatan. Ini karena kepercayaan pada fēng shuǐ (风水). pengaturan tempat duduk bukan hanya ada di dalam rumah, juga restoran-restoran cina yang ada di berbagai negara. Harus anda ingat jangan pernah menempelkan sumpit langsung ke mangkuk nasi, terutama jika makan dengan orang tua.

Adab makan di Restoran

Meja bundar di restoran Cina biasanya menampung 8-12 orang. Jika di ruang pribadi, meja terdalam dan terpusat disediakan untuk peringkat tertinggi. Tuan rumah duduk di sebelah kanan, sementara tamu paling penting duduk di sebelah kiri. Untuk meja lainnya, pengaturan tempat duduk sama dengan di rumah.

Amplop Merah (angpao imlek)

angpao imlek diisi dengan uang dan diberikan kepada anak-anak selama Tahun Baru. Sebagai imbalannya, kakek dan nenek akan memberikan angpao imlek kepada generasi muda. Uang dalam amplop merah juga dikenal sebagai 压岁钱 (yā suì qián. Secara harfiah, ini adalah “uang untuk berlabuh tahun ini.”