Home » Tahun Baru Imlek » 16 Pantangan dan larangan yang tabu saat imlek

16 Pantangan dan larangan yang tabu saat imlek

pantangan larangan tahun baru imlek
Pantangan dan larangan yang tabu saat imlek

Beberapa pantangan ini tabu untuk dilakukan saat imlek. Larangan ini sudah berlaku sejak jaman dahulu kala dan sampai sekarang tetap dihindari agar tidak terkena sial.

Pada awal tahun baru cina banyak hal yang tidak boleh dilakukan untuk terhindar dari berbagai macam sial yang dapat menghampiri. tetap berbuat baik ke sesama manusia di tahun baru imlek 2018 adalah tindakan yang terpuji.

Inilah 16 hal yang harus dihindari orang pada hari pertama Tahun Baru Imlek.

1. Seorang putri yang sudah menikah tidak diijinkan untuk mengunjungi rumah orang tuanya.

Seorang putri yang sudah menikah tidak diijinkan untuk mengunjungi rumah orang tuanya, karena hal ini diyakini membawa nasib buruk kepada orang tua, yang menyebabkan kesulitan ekonomi bagi keluarga. Secara tradisional, seorang putri yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

2. Jangan mencuci pakaian dan rambut.

Orang tidak mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua, karena dua hari ini dirayakan sebagai hari kelahiran Shuishen (水 神, the Water God).

Rambut tidak boleh dicuci pada hari pertama tahun baru imlek. Dalam bahasa Cina, rambut (发) memiliki pengucapan yang sama (dan memang karakter yang sama) seperti fa di facai (发财), yang berarti ‘menjadi kaya’. Oleh karena itu, dipandang tidak baik untuk “membersihkan keberuntungan seseorang” di awal Tahun Baru.

3. Jangan makan bubur dan daging untuk sarapan pagi.

Bubur tidak boleh dimakan, karena dianggap hanya orang miskin yang memiliki bubur untuk sarapan pagi, dan orang tidak ingin memulai tahun “miskin” karena ini adalah pertanda buruk.

Selain itu, daging tidak boleh dimakan saat sarapan ini karena menghormati dewa-dewa (Budha) (yang diyakini melawan pembunuhan hewan), karena semua dewa diharapkan untuk keluar dari pertemuan dan berharap Tahun Baru yang bahagia satu sama lain.

4. Pekerjaan jarum sebaiknya tidak dilakukan.

Penggunaan pisau dan gunting harus dihindari untuk kecelakaan, entah melukai seseorang atau alat, diperkirakan mengarah pada hal-hal yang tidak menguntungkan dan penipisan kekayaan di tahun yang akan datang.

5. Hindari minum obat.

Adalah hal yang tabu bagi seseorang untuk menyeduh obat herbal atau minum obat pada hari pertama tahun baru imlek, jika tidak diyakini ia akan sakit selama setahun penuh.

Di beberapa tempat, setelah bel mengumumkan Tahun Baru pada tengah malam Hari Tahun Baru, orang-orang yang sakit-sakitan mematahkan empedu mereka (pot obat) dengan keyakinan bahwa kebiasaan ini akan menyingkirkan penyakit ini di tahun yang akan datang.

6. Jangan menyapu atau membuang sampah.
Tindakan menyapu hari ini dikaitkan dengan kekayaan sweeping. Mengambil sampah melambangkan membuang keberuntungan atau nasib baik dari rumah.

Yang harus di hindari terjadi selama tahun baru imlek

7. Jangan memakai pakaian putih atau hitam karena kedua warna ini terkait dengan berkabung secara tradisional.

8. Pakaian yang rusak: Jangan pakai baju baru yang rusak. Jika anak-anak memakai pakaian seperti itu pada bulan lunar pertama, dikatakan membawa nasib buruk.

9. Pencurian: Jangan biarkan orang lain mengambil benda, termasuk uang, dari saku Anda selama Festival Musim Semi, dan berhati-hatilah supaya kantong Anda tidak dipetik, karena ini diyakini akan membuat seluruh kekayaan Anda di tahun depan dicuri.

10. Hutang: Uang seharusnya tidak dipinjamkan pada Hari Tahun Baru, dan semua hutang harus dibayar oleh Malam Tahun Baru, dan, jika seseorang yang berutang uang kepada Anda, jangan pergi ke rumahnya untuk menuntutnya. Siapa pun yang melakukannya dikatakan tidak akan beruntung sepanjang tahun ini.

11. Tidak membunuh Membunuh di cap go meh harus dihindari karena darah dianggap sebagai pertanda buruk, yang akan menyebabkan kemalangan seperti luka pisau, atau bencana berdarah.

12. Jangan memberi hadiah tertentu, seperti jam, gunting, dan pir, karena mereka memiliki arti buruk dalam budaya Tionghoa.

13. Tangisan seorang anak diyakini membawa nasib buruk bagi keluarga, jadi orang tua melakukan yang terbaik untuk mencegah anak menangis dengan cara apa pun yang mungkin terjadi.

14. Nampan beras seharusnya tidak dibiarkan kosong. Hal ini menyebabkan kecemasan berat, karena penghentian memasak selama periode Tahun Baru merupakan pertanda buruk.

15. Kunjungan ke rumah sakit selama periode ini diyakini membawa penyakit pada orang yang bersangkutan selama tahun depan; Oleh karena itu, kunjungan ke rumah sakit dihindari, kecuali dalam kasus-kasus yang sangat darurat.

16. Alat pemecah atau peralatan lainnya selama periode ini dikaitkan dengan hilangnya kekayaan untuk tahun yang akan datang; Oleh karena itu, pedagang dan pelaku bisnis pada umumnya sangat berhati-hati untuk mencegahnya.

Demikianlah larangan dan pantangan selama tahun baru imlek yang harus anda hindari terutama hari pertama kalender cina. Selamat tahun baru imlek 2018!!

Share on: