Mencari jodoh yang baik menurut islam dalam Al-Qur’an

Anda tidak perlu bingung untuk mencari jodoh yang baik dalam ajaran islam. Banyak ayat-ayat dalam Al-Qur’an, yang terkait dengan jodoh. Allah berfirman jika anda seorang yang baik, carilah jodoh yang baik pula. Mencari jodoh sesuai tuntunan agama dapat mendatangkan rezeki dan kebaikan. Sinyal jodoh dari allah bisa anda rasakan. Karena kasih sayang di antara manusia adalah salah satu tanda kebesaran Allah. Pria dan wanita manapun akan berusaha mencari pasangan hidup yang baik, agar hidupnya bertambah tenteram.

Firasat tentang jodoh bisa di dapatkan jika anda mulai mengenal secara mendalam orang yang anda suka dari kesehariaannya. Tapi bisa saja anda jatuh cinta ketika pertama kali anda melihatnya. Kata orang-orang tua terdahulu ada istilah dari mata, turun ke hati. Dari indra penglihatan dilanjutkan dengan sinyal getaran dari hati anda, yang mengatakan anda menyukainya. Ketika bertemu seseorang pertama kali banyak orang bisa mengatakan apakah orang ini baik atau tidak. Bahkan ada yang mengatakan jatuh cinta pada pandangan pertama berdasarkan firasat dari perasaan yang di dapatkan baik itu dari fisik ataupun sikap orang yang baru di kenalnya. Feelingnya mengatakan orang ini menarik. Sepertinya dia jodoh saya. Ada ikatan batin antara anda dan dia.

Firasat jodoh

Ketika anda mencintai seseorang, tentu anda menganggap dia lah pasangan dan belahan jiwa anda. Anda merasa dia adalah pelengkap hidup anda. Feeling anda mengatakan jodoh anda sudah dekat. Apakah pertanda jodoh anda sudah dekat? Berikut ciri-ciri firasat sudah bertemu jodoh:

1. Anda tiba-tiba membayangkan bagaimana rasanya hidup jika anda tidak bertemu dengannnya. Ketika anda terhubung dengan pasangan, anda merasa bahagia. Dan anda selalu ingin di dekatnya. Membandingkan pasangan anda yang sekarang adalah lebih baik dari pasangan anda sebelumnya. Anda mengatakan pacar anda adalah yang terbaik di dunia. Bahkan tak bisa hidup tanpanya.

2. Perasaan itu kuat dan menghabiskan energi anda. Belahan jiwa adalah seseorang yang menjadi bagian dari hidup anda. Anda ingin membuktikan bahwa dialah jodoh anda. Akhirnya rasa itu membuat anda penasaran, apakah benar dia adalah jodoh yang dikirimkan tuhan untuk anda. Dalam pencarian mencari cinta sejati seperti ini tentu menguras energi. Pada tahap inilah ciri-ciri jodoh anda sudah dekat. Percayalah cinta itu akan menemukan jalannya sendiri.

3. Pertanda jodoh didapatkan lewat mimpi. Banyak cerita-cerita orang zaman dahulu, perjodohan yang berawal dari sebuah mimpi. Bisa jadi hal ini terjadi pada anda. Ketika kita tidur, maka berbagai peristiwa sehari-hari terekam secara visual kedalam otak. Mungkin anda tidak menyangka, tiba-tiba bermimpi bertemu dengannya di dalam mimpi. Di alam mimpi ini anda merasa menyukainya dan bahagia. Bahkan rasa cinta itu tetap anda rasakan setelah anda terbangun dari tidur.

4. Firasat jodoh seorang jomblo tanpa pasangan. Bagi orang yang tidak mempunyai pacar atau ikatan hubungan dengan lawan jenis biasanya di sebut jomblo. Mungkin di suatu peristiwa dalam hidup anda, pernah bertemu seseorang yang membuat anda tertarik. Rasa rindu itu selalu datang. Rasa rindu itu sinyalnya semakin kuat. Berbahagialah!! bisa jadi itu adalah sinyal jodoh yang dikirimkan oleh Allah kepada anda.

5. Feeling anda mengatakan firasat jodoh sudah dekat. Ada getaran di dalam jiwa anda, mengatakan jodoh akan datang dalam waktu dekat ini. Rasa ini terus membesar ketika anda semakin intim dengannya. Hubungan emosional yang kuat membuat anda bertambah bahagia. Buktikan dengan mengajaknya menikah. Tidak perlu malu dan takut. Mungkin saja Allah telah mengirimkan dia untuk anda.

6. Hati bergetar. Anda bisa membohongi orang lain. Tapi tidak dengan perasaan anda. Ketika suatu ketika anda bertemu seseorang yang anda cintai. Akan ada getaran hati setelah menatapnya. Mendengar suaranya saja bisa menimbulkan rasa cinta dan bahagia. Kasih sayang antara manusia berlawanan jenis adalah tanda-tanda kebesaran Allah. Dengan rasa cinta dan kasih sayang, anda akan merasa tenteram.

Perjalanan jodoh tidak selamanya mulus

Ketertarikan pada seseorang tidak hanya pada orang yang kita cintai dalam hal asmara yang di harapkan menuju proses pernikahan. Banyak orang terdekat yang membuat anda suka. itu bisa jadi di luar pasangan anda. Seperti misalnya saudara, teman, guru, dosen, ataupun pengajar les anda. Mungkin dengan mereka ini anda jarang sekali bertengkar. Tapi tentu saja kedekatan ini bukanlah hubungan antara sepasang kekasih. Berbeda dengan orang yang anda cintai, anda bisa saja bertengkar setiap hari. Tapi di hati kecil anda, tetap mempertahankan hubungan spesial pada orang yang anda cintai. Ketidakcocokan sifat bukan berarti dia bukan jodoh anda. Karena yang namanya cinta selalu mulus perjalannnya. Bahkan untuk orang yang berumah tangga sekalipun tetap terjadi selisih paham. Jadi bisa dikatakan firasat tentang jodoh ini tidak selamanya orang tersebut cocok karena sifatnya yang sama dengan anda. Bisa jadi sifatnya bertentangan dengan kepribadian anda. Jodoh bisa menjadi perekat dan penyempurna dua sifat manusia yang berbeda.

Sinyal jodoh dari allah dalam Al-Qur’an

Perlu anda ketahui rahasia jodoh merupakan adalah rahasia Allah. Tapi sinyal jodoh yang dikirimkan allah bisa anda temukan di dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Kriteria memilih pasangan dalam islam, tentunya harus sesuai dengan tuntunan ayat-ayat Al-Qur’an. Karena dari firmanNya anda mendapatkan petunjuk dalam mencari jodoh yang baik.

Mencari jodoh yang baik menurut islam
Mencari jodoh yang baik menurut islam

1. Dalam surah Adz-Dzariyat ayat 49, Allah berfirman “Wa ming kulli syai`in khalaqnā zaujaini la’allakum tażakkarụn”. Yang artinya Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah. Dari ayat itu bisa kita tarik kesimpulan diciptakan pasangan berbeda jenis agar kita lebih ingat Allah maha besar. Meliputi alam semesta yang luas.

2. Jodoh yang diberikan Allah adalah sebuah nikmat. Jadi syukurilah.

QS.An-Nahl:72 وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنْ أَزْوَٰجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ ۚ أَفَبِٱلْبَٰطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ ٱللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ. Terjemah Arti: Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”

3. Jika anda ingin menjadi baik, carilah pasangan yang baik pula.

Dalam surah An Nur ayat 26, Allah berfirman ٱلْخَبِيثَٰتُ لِلْخَبِيثِينَ وَٱلْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَٰتِ ۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ. Terjemahan Arti: Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

4. Jodoh dari allah membuat anda tenteram.

Dalam surah ar-Rum ayat 21 Allah berfirman: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

5. Jodoh dari Allah dapat mendatangkan rezeki yang baik.

Dalam surah An-Nahl Ayat 72, Allah berfirman yang artinya: “Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?”

Cara mengetahui siapa jodoh kita sebenarnya

Rencana allah mengenai jodoh adalah rahasia Allah. Jika anda berperilaku yang baik, maka Allah akan memilihkan jodoh dari orang yang baik untuk anda. Dia akan datang kepada anda dengan ikatan batin cinta sejati. Rasa rindu bisa membawa anda ke dalam mimpi bersamanya. Jodoh bisa datang dari orang yang belum anda kenal, juga dari mantan anda yang anda telah mengenalnya terlebih dahulu.

Dalam agama islam mengajarkan untuk mencari jodoh yang baik, haruslah sesuai dengan tuntunan ayat Al-Qur’an. Ikatan batin jodoh antara anda dan pasangan anda akan mendatangkan kedamaian jika anda mencari jodoh yang sesuai petunjuk Al-Qur’an. Berdoalah kepada Allah, untuk mendapatkan jodoh yang baik untuk anda. Percayalah dengan doa yang tulus dan ikhlas, Allah akan mengabulkan permintaan anda. Karena Allah sudah menjanjikan dalam QS. Al-Hujarat: 13, Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.