Hitungan weton jodoh jawa dan arti jatuhnya weton

Ada banyak cara orang jawa menghitung weton jodoh, tapi yang paling sering ditemui adalah menjumlahkan neptu antara kedua pasangan pengantin. Dari penjumlahan ini akan diketahui arti dan makna angka tersebut. Ada juga cara lain misalnya hitungan weton jodoh yang telah kami kupas pada artikel lain di blog ini.

Weton jodoh berkaitan erat dengan jumlah neptu dari kedua calon pengantin. Dari jumlah neptu pengantin laki-laki ditambah neptu pengantin wanita maka didapatkan kecocokan antar pasangan yang akan menikah. Perhitungan weton jodoh ini sudah dipercayai masyarakat jawa secara turun-temurun. Banyak kitab-kitab primbon yang membahas tentang kecocokan perjodohan berdasarkan weton ini, yang paling terkenal adalah dengan menghitung jumlah neptu kedua pasangan yang akan menikah.

Pengertian hari, pasaran, weton dan neptu

Cara menghitung weton jodoh dengan cara menjumlahkan neptu weton sebenarnya mudah. Akan tetapi anda harus tahu terlebih dahulu pengertian weton dan neptu sebelum menjumlahkannya. Weton adalah gabungan antara nama hari dan pasaran kelahiran. Setiap nama hari dan nama pasaran memiliki nilai yang disebut neptu. Untuk mendapatkan jumlah neptu weton seseorang anda cukup menjumlahkan neptu hari dengan neptu pasaran tanggal lahirnya. Setelah didapatkan neptu orang tersebut, maka untuk mendapatkan kecocokan dengan pasangannya maka orang tersebut harus menjumlahkan dengan jumlah neptu kelahiran pasangannya. Berikut penjabaran Hari, pasaran, weton dan neptu.

Hari dan Neptu

PasaranNeptu
Pahing9
Pon7
Wage4
Kliwon8
Legi5

Pasaran dan Neptu

Nama HariNeptu
Senin4
Selasa3
Rabu7
Kamis8
Jumat6
Sabtu9
Minggu5

Jadi setiap orang memiliki hari dan pasaran yang tersendiri yang didapatkan berdasarkan tanggal lahirnya. Nama hari dan pasaran sesorang disebut weton. Sedangkan nilainya disebut neptu. Untuk memudahkan kita ambil contoh sebagai berikut:

Laki-laki bernama Reino yang lahir tanggal 21 Juni 1984 akan menikahi syahrini yang lahir tanggal 1 Agustus 1982. Apakah keduanya cocok dan jika keduanya menikah bagaimana ramalan jodohnya berdasarkan primbon jawa?

Langkah yang harus kita lakukan untuk mencari kecocokan kedua pasangan ini adalah sebagai berikut:

1. Ketahui hari dan pasaran masing-masing calon pengantin (laki-laki dan wanita)

Hari dan pasaran jawa di ketahui berdasarkan tanggal lahir. Untuk mengetahuinya termasuk sulit jika dilakukan secara manual. Anda dapat membaca cara menghitung weton lahir jawa, untuk menghitungnya secara manual. Akan tetapi jika anda masih dengan bingung dan kesulitan dengan cara tersebut dapat menggunakan cek weton online. Setelah melalui perhitungan maka didapatkan hasil berikut:

Pengantin laki-laki

Nama : Reino
Tanggal Lahir : 21 Juni 1984
Hari : Kamis
Pasaran : Wage
Weton : Kamis Wage

Pengantin Perempuan

Nama : Syahrini
Tanggal Lahir : 1 Agustus 1982
Hari : Minggu
Pasaran : Wage
Weton : Minggu Wage

Sekarang sudah kita dapatkan weton pengantin laki-laki dan pengantin perempuan. Weton laki-laki Kamis Wage, sedangkan weton perempuan Minggu Wage.

Selanjutnya adalah kita mencari nilai neptu masing-masing calon pengantin, yaitu neptu pengantin laki-laki dan perempuan dari weton yang kita dapatkan menggunakan tabel neptu diatas.

Pengantin laki-laki

Hari : Kamis, Neptu hari : 8
Pasaran : Wage, Neptu : 4
Jumlah Neptu : 8 + 4 = 12 (simpan angka 12 ini, ini adalah jumlah neptu weton laki-laki)

Pengantin perempuan

Hari : Minggu, Neptu hari : 8
Pasaran : Wage, Neptu : 5
Jumlah Neptu : 8 + 5 = 13 (simpan angka 13 ini, ini adalah jumlah neptu weton laki-laki)

Jumlah neptu pengantin laki-laki ditambah dengan pengantin perempuan didapatkanlah weton jodoh kedua pengantin tersebut.

12 + 13 = 25

Didapatkan jumlah weton jodohnya yaitu 25. Masyarakat jawa menyebutnya dengan weton jodoh ketemu 25.

Arti hitungan neptu weton jodoh

Mungkin anda pernah mendengar orang jawa menyebut weton jodoh ketemu angka tertentu seperti misalnya weton jodoh ketemu 25. Angka ini didapatkan dari menjumlahkan neptu weton laki-laki dan neptu weton laki-laki yang akan menikah. Angka 25 ini begitu keramat dan ditakuti, bahkan banyak yang membatalkan pernikahan jika diketahui weton jodoh kedua pasangan ketemu angka 25.

Weton jodoh ketemu

Jumlah dari weton jodoh mengandung makna ataupun arti tertentu yang biasa disebut dengan jatuhnya weton. Dalam hubungan dengan weton jodoh, banyak orang jawa yang menyebutnya dengan weton jodoh ketemu (angkanya). Berikut ini arti dan makna jatuhnya weton jodoh:

weton jodoh ketemu

Weton jodoh ketemu 20 artinya pati / mati, Musibah
Weton jodoh ketemu 21 artinya berlimpah sandang atau pakaian
Weton jodoh ketemu 22 artinya berlimpah pangan / makan
Weton jodoh ketemu 23 artinya berlimpah papan / rumah
Weton jodoh ketemu 24 artinya loro / sakit, Musibah
Weton jodoh ketemu 25 artinya pati / mati, Musibah
Weton jodoh ketemu 26 artinya berlimpah sandang atau pakaian
Weton jodoh ketemu 27 artinya berlimpah pangan / makan
Weton jodoh ketemu 28 artinya berlimpah papan / rumah
Weton jodoh ketemu 29 artinya loro / sakit, Musibah
Weton jodoh ketemu 30 artinya pati / mati, Musibah
Weton jodoh ketemu 31 artinya berlimpah sandang atau pakaian
Weton jodoh ketemu 32 artinya berlimpah pangan / makan
Weton jodoh ketemu 33 artinya berlimpah papan / rumah
Weton jodoh ketemu 34 artinya loro / sakit, Musibah
Weton jodoh ketemu 35 pati / mati, Musibah