Belajar Hitungan Jawa Paling Mudah Beserta Contohnya

Mungkin anda pernah mendengar istilah “Hitungan Jawa” di sekitar tempat anda tinggal. Apalagi anda bertetangga dengan orang-orang jawa yang kental adat istiadat dan budaya jawa. tentu kata-kata itu akan sering anda dengar. Hitungan jawa yang dimaksud disini bukanlah bilangan numerik jawa, tapi perhitungan, peramalan nasib dan watak serta peramalan masa depan yang diambil dari weton kelahiran seseorang. Pelajaran tentang hitungan weton banyak tercakup dalam kitab primbon jawa. Dalam primbon, terdapat kepercayaan akan empat sifat dari hari yang buruk, yaitu:

Hari taliwangke (hari sengkala)
samparwangke (hari sengkala)
kunarpawarsa (tahun bencana)
sangarwarsa (tahun bencana).

Sementara itu sifat dari hari baik terdiri atas:
Bulan rahayu (bulan baik)
bulan sarju (bulan sedang)
Anggara Kasih.

Tapi kita tidak membahas primbon secara lengkap di artikel ini, tapi hitungan jawa yang terkait dengan weton dan ramalan watak seseorang dan juga ramalan jodoh berdasarkan weton lahir.

hitungan jawa

Apa Itu Weton

Weton menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hari lahir seseorang dengan pasarannya (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon). Weton merupakan bagian terpenting yang harus anda pelajari terlebih dahulu jika anda ingin belajar hitungan jawa. Banyak artikel diweb ini yang telah membahasnya. Selengkapnya anda dapat mempelajarinya di kategori weton. jadi kami hanya akan memperdalam kembali di artikel ini untuk memudahkan anda belajar hitungan jawa. Biasanya jika sesorang dari suku jawa lahir, di adakan Upacara Wetonan (wedalan). terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Acara wetonan yang diadakan selain mencari keselamatan juga dengan tujuan bersedekah.

Hitungan Jawa

Dalam kalender yang terdapat hari dan pasaran jawa, yang biasa disebut kalender jawa. Maka anda akan melihat nama hari yang biasa ada di kalender masehi (indonesia) seperti hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan hari Minggu. Untuk hari dalam kalender jawa juga sama dengan hari di kalender masehi. Perbedaannya terdapat nama pasaran yang terdiri atas 5 pasaran yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon. Jadi untuk kalender jawa akan ada nama hari lengkap dengan pasaran yang biasa disebut tanggalan jawa. Contohnya Jumat Kliwon. Jumat adalah nama hari, sedangkan Kliwon adalah nama pasaran jawa. Jadi ketika anda dilahirkan, tentu anda akan memiliki tanggal lahir yang nantinya akan di cantumkan dalam KTP, Akta Kelahiran dan kebutuhan administrasi lainnya. Tanggal lahir tersebut bisa kita cari di kalender masehi.

Berbeda halnya dengan weton. Dalam weton akan sesuaikan dengan kalender jawa untuk menghitungnya. Jadi akan ada nama hari dan nama pasaran. Bagi anda yang terlahir bukan dari suku jawa,  tentunya anda kesulitan untuk mencari weton anda. Tapi anda bisa mempelajarinya dengan menghitungnya secara manual dengan membaca artikel Cara Menghitung Weton Lahir Jawa. Jika anda masih merasa sulit untuk menghitungnya, anda dapat menggunakan weton online yang lebih praktis dan cepat menemukan weton lahir anda. Dengan menggunakan tool calculator weton tersebut, anda akan mendapatkan weton lahir anda dengan hanya menginput (memasukkan) data tanggal lahir anda.

Hitungan Weton Jodoh Jawa

Yang paling populer dari hitungan weton jawa adalah hitungan weton jawa. Cara mendapatkan weton jodoh adalah dengan data tanggal lahir masing-masing pasangan. Kami akan memberikan cara termudah untuk menghitungnya yaitu dengan contoh. Berikut ini contohnya:

Jono akan menikah dengan Wati. Jono lahir tanggal 2 Juni 1980, Wati lahir tanggal 19 Januari 1985 sesuai dengan kalender masehi(Kalender Indonesia). Sekarang kita akan mencari weton jodoh dari pasangan yang akan menikah ini menggunakan calculator weton online.

Jono : 2 Juni 1980, didapatkan weton lahir jono yaitu Senin Wage.

weton lahir jonoWati : 19 Januari 1985, didapatkan weton lahir Wati yaitu Sabtu Legi.

Weton lahir wati

Dari weton lahir yang kita dapatkan dari kedua pasangan yang akan menikah ini, maka akan kita lanjutkan bagian selanjutnya yaitu kecocokannya.

Mengetahui kecocokan berdasarkan weton

Dari contoh hitungan weton diatas, akan kita akan ketahui apakah mereka cocok atau tidak berdasarkan hitungan weton jodoh jawa yang paling sering digunakan. Berikut cara menghitungnya beserta langkah-langkahnya:

Pertama-tama anda lihat tabel weton dibawah ini.

Arti Weton, hari pasaran, wuku, neptu dan primbon

Tabel Weton

Ada Hari, Nama Pasaran dan Neptu. Perlu anda ketahui jika ingin belajar hitungan jawa, anda harus mengetahui neptu setiap hari dan setiap pasaran. Apa itu neptu? Neptu adalah nilai atau angka yang diberikan kepada hari-hari saptawara, yaitu hari yang tujuh. Tiap hari dan pasaran menurut penanggalan Jawa mempunyai bobot angka yang disebut neptu. Dari pengertian neptu tersebut kita lanjutkan hitungan dari contoh diatas.

Jumlah Neptu Jono:

Weton Lahir: Senin Wage
Senin memiliki neptu 4.
Wage memiliki neptu 4.
kita tambahkan dua neptu tersebut, yaitu 4+4=8. didapatkan jumlah neptu 8.
Selanjutnya kita hitung neptu dari pasangannya yaitu Wati.

Jumlah Neptu Wati:

Weton Lahir: Sabtu Legi
Sabtu memiliki neptu 9.
Legi memiliki neptu 5.

kita tambahkan dua neptu tersebut, yaitu 9+5=14. didapatkan jumlah neptu 14.

Setelah kita dapatkan jumlah neptu lahir dari kedua pasangan, maka akan kita jumlahkan lagi.

Jono jumlah neptu 8, Wati jumlah neptu 14.
Jika kita tambahkan akan didapatkan nilai sebagai berikut: 8+14=22
jumlah neptu kedua pasangan adalah 22.

ARTI WETON JODOH

Dalam hitungan weton jodoh jawa, jumlah neptu yang telah kita hitung dengan metode penjumlah neptu kedua pasangan akan didapatkan arti berikut:

1. PEGAT

Pegat jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36

Dalam bahasa jawa pegat, pedhot berarti pisah/perpisahan. Jika kedua pasangan hitungannya menunjuk ke pegat maka akan mudah berpisah atau bercerai.Terkait juga dengan kata pegatan yang artinya air mata. Mereka akan mendapatkan kesedihan karena ketidakcocokan. Mungkin salah satu pasangannya keras kepala, suka main tangan dan sebagainya.

2. RATU

Ratu jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 2, 11, 20, 29

Ratu atau Raja adalah gelar bangsawan yang terhormat dari masyarakat jawa dan juga suku lainnya. Pasangan yang menikah jatuhnya Ratu akan dihormati seperti raja (rinatu-ratu). Mereka akan disegani oleh masyarakat sekitar tempat mereka berada dan juga di lingkungan yang lebih besar seperti di tempat pekerjaan.

3. JODOH

Jodoh jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 3, 12, 21, 30

jodoh (jatukrama) berarti cocok menjadi suami atau istri, pasangan hidup ini akan selaras jika mereka menikah. Mereka jarang bertengkar karena sudah tahu sifat masing-masing pasangan.

4. TOPO

Topo jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 4, 13, 22, 31

Topo yang berarti kain yang sudah tua dan lusuh. Pasangan topo akan mengalami kesulitan dalam ekonomi. Akan selalu berwajah murung karena rezekinya seret. Karena banyak masalah maka pasangan ini akan terlihat tua dan dari penampilan juga lusuh tidak terurus.

5. TINARI

Tinari jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 5, 14, 23, 32

Pasangan yang jatuhnya pada Tinari akan mudah mencari rezeki. Kondisi ekonominya baik. Jika mereka berdagang akan selalu ramai dan mendapatkan keuntungan yang besar. Jika bekerja dengan orang akan mendapatkan gaji yang besar. Dengan membaiknya ekonomi keluarga maka rumah tangga akan rukun.

6. PADU

Padu jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 6, 15, 24, 33

Padu kalau dalam kamus bahasa indonesia terkait dengan arti kompak,utuh dan kuat. Tapi Padu (padudon) dalam bahasa jawa artinya bertengkar karena semua merasa benar. Pasangan ini jika menikah sudah tentu tidak cocok, Karena dalam rumah tangga mereka akan dibumbui dengan pertengkaran. Sedikit masalah akan menjadi bahan pertengkaran yang memicu masalah besar.

7. SUJANAN

Sujanan jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 7, 16, 25, 34

Sujanan ini paling sering dihindari para orang tua yang akan menikahkan anak mereka. Istilah yang sering dipakai dalam hitungan jawa yaitu weten jodoh ketemu 25. Pasangan yang akan menikah banyak yang membatalkan pernikahan mereka jika sudah jatuh pada sujanan. Pasangan Sujanan akan mendapatkan banyak bahaya. Terutama pertengkaran dan perselingkuhan. Juga tidak disukai orang disekitar mereka. Selain itu mereka sulit mendapatkan uang.

Baca : Hitungan weton jodoh ketemu 25 dan solusi untuk mengatasinya

8. PESTHI

Sujanan jika hasil penjumlahan neptu kedua pasangan = 8, 17, 26, 35

Pesthi artinya harmonis. Jika hitungan anda jatuhnya pada pesthi maka rumah tangga anda diramalkan akan mendapatkan kebahagiaan sampai tua. Masing-masing pasangan akan mudah menyelesaikan masalah dari masalah biasa maupun masalah berat. Kedamaian dirumah karena rumah tangga harmonis tentu saja penting. Apalah arti kekayaan jika rumah tangga gonjang-gajing banyak pertengkaran.

Demikianlah arti weton jodoh dari hitungan jawa. Tentu saja semuanya sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia hanya bisa menerawang, dan tuhan sebagai penentu. Kita hanya bisa berusaha agar bisa menjadi hidup yang lebih baik. Semoga artikel hitungan jawa ini dapat membantu anda mengatasi berbagai masalah dalam hidup.