Home » Tahun Baru Imlek » Hari Raya Imlek: Ucapan, Tujuan Perayaan, Dan Tanggal Perayaan

Hari Raya Imlek: Ucapan, Tujuan Perayaan, Dan Tanggal Perayaan

Hari Raya Imlek menunjukkan awal tahun baru dalam kalender lunisolar. Berawal pada bulan baru kedua sesudah titik balik matahari musim dingin dan selesai pada bulan purnama lima belas hari sesudahnya.

Tanggal 1 Februari tahun 2022 telah ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional tahun baru imlek 2573 kongzili.

Penanggalan

Setiap tahun baru ditandai dengan karakteristik salah satu dari 12 hewan zodiak (shio): tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. Tahun baru imlek 2022 jatuh pada tanggal 1 Februari.

Dalam penanggalan kalender kongzili tahun 2573. Berikut daftar tahun baru imlek sepanjang masa beserta shio lengkap.

TANGGAL
SHIO
NAMA TAHUN
25 Januari 2020
Tikus Logam
Geng-Zi
12 Februari 2021
Kerbau Logam
Xin-Chou
01 Februari 2022
Harimau Air
Ren-Yin
22 Januari 2023
Kelinci Air
Gui-Mao
10 Februari 2024
Naga Kayu
Jai-Chen
29 Januari 2025
Ular Kayu
Yi-Si
17 Februari 2026
Kuda Api
Bing-Wu
06 Februari 2027
Kambing Api
Ding-Wei
26 Januari 2028
Monyet Bumi
Wu-Shen
13 Februari 2029
Ayam Bumi
Ji-You
03 Februari 2030
Anjing Logam
Geng-Xu
23 Januari 2031
Babi Logam
Xin-Hai
11 Februari 2032
Tikus Air
Ren-Zi
31 Januari 2033
Kerbau Air
ui-Chou
19 Februari 2034
Macan Kayu
Jai-Yin
08 Februari 2035
Kelinci Kayu
Yi-Mao
28 Januari 2036
Naga Api
Bing-Chen
15 Februari 2037
Ular Api
Ding-Si
04 Februari 2038
Kuda Bumi
Wu-Wu
24 Januari 2039
Kambing Bumi
Ji-Wei
12 Februari 2040
Monyet Logam
Geng-Shen
01 Februari 2041
Ayam Logam
Xin-You
22 Januari 2042
Anjing Air
Ren-Xu

Baca: Kalender Tahun Baru Imlek

Imlek menggunakan penanggalan apa?

Imlek (lafal Hokkian 阴历, im-le̍k, Mandarin pinyin: yin li, yang artinya kalender bulan) atau Kalender Imlek adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari.

Tradisi Hari Raya Imlek

Tradisi setiap imlek adalah dengan saling berkunjungan ke keluarga dan teman, makanan khusus imlek, perayaan kembang api, ucapan selamat dan pemberian hadiah angpao.

Kemeriahan imlek di rumah dimulai dari menghiasi jendela dengan potongan kertas merah dan menghiasi pintu dengan kata-kata yang berisi doa dan harapan keberuntungan untuk tahun baru.

Pada hari pertama perayaan memakai baju khas imlek yaitu Cheongsam. Ciri khas bajunya berwarna merah. Tapi ada kepercayaan memakai baju imlek yang cocok dengan shio agar mendapatkan keberuntungan.

Baca: Model dan Warna baju imlek 2022 menurut shio

Orang dewasa dan anak-anak membawa lentera di sekitar lingkungan pada malam hari untuk mengekspresikan akhir perayaan.

Hari kelima belas yang merupakan Festival Lentera. Makanan khusus imlek juga disajikan. Masakan ikan segar yang melambangkan rejeki yang berlimpah, memperoleh peruntungan dan keberuntungan.

Makanan tradisional Tahun Baru seperti pangsit dan Menyuguhkan bola nasi ketan yang yang rasanya manis.

Barongsai

Barongsai adalah tarian tradisional Tiongkok dimana penarinya menggunakan topeng, berkostum dan menirukan gerakan singa diiringi musik gendang, simbal dan gong.

Selain pada perayaan tahun baru imlek, barongsai juga dilakukan pada acara-acara penting seperti acara perayaan, membuka bisnis baru, pernikahan atau acara khusus lainnya.

Berdasar mitos yang terkait tarian ini juga sebagai simbol atas keberhasilan mengusir monster yang sering mengganggu bernama Nian.

Tujuan Perayaan Hari Raya Imlek

hari raya imlek
Festival lentera hari raya imlek sumber: History.com

Tahun Baru Imlek perayaan terpenting yang kental dengan makna budaya dan sejarah. Tujuan perayaan imlek merupakan saat yang sakral untuk menghormati dewa rumah tangga dan dewa surgawi serta leluhur. Selain itu perayaan imlek merupakan perayaan pergantian tahun Imlek.

Selama perayaan imlek berbagai tradisi dan ritual keagamaan seperti: melakukan sembahyang leluhur yang telah meninggal dunia, dengan menyalakan dupa dan lilin, serta menyajikan persembahan makanan, seperti buah-buahan segar, kue, daging, serta minuman.

Apa itu perayaan Imlek?

Tahun Baru Imlek adalah perayaan yang dimulai pada bulan baru pertama dalam kalender lunar dan berakhir pada bulan purnama pertama tahun tersebut. Festival ini menandakan awal musim semi, dan awal tahun baru menurut kalender lunar Tiongkok.

Festival ini dirayakan di seluruh negara, tetapi juga memiliki banyak perayaan terkait di negara-negara Asia lainnya dan juga dirayakan meriah etnis tionghoa di Indonesia.

Banyak pendapat mengatakan imlek adalah hari raya keagamaan bagi penganut umat agama Konghucu. Meskipun Tahun Baru Imlek merupakan pergantian tahun pada kalender tahun baru imlek tapi juga merupakan perayaan hari besar keagamaan, sama seperti Hari Raya Idul Fitri (Lebaran), Natal, dan Galungan.

Gong Xi Gong Xi adalah lagu yang populer selamat perayaan imlek. Gong Xi artinya ‘selamat.

Contoh Ucapan Hari Raya Imlek

Kita telah mendengar berbagai tulisan maupun ucapan selama hari raya imlek di Indonesia seperti gong xi fa cai, Xi Nian Kuai Le, dan masih banyak lagi ucapan imlek lainnya. Ucapan Berikut contoh ucapan selamat hari raya imlek yang populer beserta artinya yang kami kutip dari travelchinaguide.com:

Kung Hei Fat Choi (gōng xǐ fā cái): Selamat dan harapan terbaik untuk Tahun Baru yang makmur
Xin nian kuai le: Selamat tahun baru
Hao yun: Nasib baik
guò nián hǎo: Selamat Tahun Baru
xīn nián kuài lè, wàn shì rú yì: Selamat Tahun Baru

Baca: Ucapan imlek 2022

Share on: