Hari Libur nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020

Di tahun 2020 bagi anda yang berencana ingin menghabiskan waktu untuk berlibur, tentu membutuhkan kalender yang telah dilengkapi dengan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Dengan kalender 2020 ini anda dapat menentukan kapan harus memulai liburan dan kapan harus mengakhirinya. Hal ini penting apalagi apabila anda berlibur ke daerah yang jauh, tentunya harus merencanakan betul-betul secara matang transportasi dan akomodasinya.

Cuti Bersama Tahun 2019

3,4 dan 7 Juni 2019 yaitu hari Selasa, Rabu dan Jumat. Libur Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.
24 Desember 2019 Hari Selasa. Libur Bersama Hari Raya Natal.

Hari Cuti Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020

Pada Tanggal 17 Agustus 2019 telah ditanda tangani Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri yang terkait dengan cuti bersama yaitu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB Syafruddin. Menetapkan Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

Baca: Kalender 2020

Hari Libur Nasional tahun 2020

Hari Rabu, Tanggal 1 Januari 2020, Hari libur Tahun Baru 2020 Masehi.
Hari Sabtu, Tanggal 25 Januari 2020, Hari libur Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili.
Hari Minggu, Tanggal 22 Maret 2020, Hari libur Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.
Hari Rabu, Tanggal 25 Maret 2020, Hari libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1912.
Hari Jumat, Tanggal 10 April 2020, Hari libur Wafat Isa Al Masih.
Hari Jumat, Tanggal 1 Mei 2020, Hari libur Hari Buruh Internasional.
Hari Kamis, Tanggal 7 Mei 2020, Hari libur Hari Raya Waisak 2564.
Hari Kamis, Tanggal 21 Mei 2020, Hari libur Kenaikan Isa Al Masih.
Hari Minggu – Senin, Tanggal 24 – 25 Mei 2020, Hari libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.
Hari Senin, Tanggal 1 Juni 2020, Hari libur Hari Lahir Pancasila.
Hari Jumat, Tanggal 31 Juni 2020, Hari libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.
Hari Senin, Tanggal 17 Agustus 2020, Hari libur Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Hari Kamis, Tanggal 20 Agustus 2020, Hari libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah.
Hari Kamis, Tanggal 29 Oktober 2020, Hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW.
Hari Jumat, Tanggal 25 Desember 2020, Hari libur Hari Raya Natal.

hari libur nasional tahun 2020

Hari Libur Cuti Bersama tahun 2020

Hari Jumat, Selasa, dan Rabu, Tanggal 22, 26, dan 27 Mei 2020, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.
Hari Kamis, Tanggal 24 Desember 2020, Cuti Bersama Hari Raya Natal.

hari libur cuti bersama tahun 2020

Tips Perjalanan Liburan

Sekedar tips anda dapat menggunakan jasa travel paket wisata jika anda tidak mau direpotkan dan tidak mengerti cara untuk mempersiapkan akomodasi dan transportasi. Biasanya agen travel wisata sudah berpengalaman dalam menangani persiapan menjelang hari libur. harga memang lebih mahal daripada mengurus sendiri. Pilihlah jasa travel yang terpecaya, anda dapat bertanya kepada rekan atau keluarga yang pernah menggunakan jasa agen travel. Dengan menggunakan jasa travel, anda lebih tenang dalam mempersiapkan hal-hal lain terkait liburan anda. Kelemahan liburan menggunakan jasa travel adalah anda tidak bisa bebas menentukan tempat menginap dan mengatur jadwal liburan. Tapi anda dapat memilih paket-paket perjalanan yang mereka sediakan. Sebelum memutuskan memilih paket travel liburan, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada mereka.

Menjelang liburan biasanya harga tiket transportasi mahal, apalagi menjelang hari-hari besar. Hari libur yang selalu ramai seperti:

1. Hari libur menjelang natal.
2. Hari libur menjelang tahun baru.
3. Hari libur menjelang imlek.
4. Hari libur menjelang lebaran / hari raya Idul Fitri.
5. Hari libur sekolah.

Perjalanan menuju kota lain dapat ditempuh menggunakan jalur darat menggunakan kendaraan bermotor atau menggunakan mobil. Baik itu mobil pribadi maupun mobil umum seperti bis misalnya. Masalah klasik yang selalu saja terjadi di hari-hari libur besar adalah macet!!! dan harga tiket pesawat mahal. Dan yang lebih parahnya adalah ketika liburan anda sulit mendapatkan penginapan, hotel. Karena pada umumnya sudah banyak dibooking jauh sebelum hari libur dimulai. Untuk Berikut tips perjalanan liburan untuk anda:

1. Hari libur natal (25 Desember)

Hari libur natal boleh dikatakan sama dengan tahun baru. Karena waktunya yang berdekatan yaitu pada tanggal 25 Desember. Natal 2019 25 Desember hari Rabu, Cuti Bersama Natal tahun 2019 tanggal 24 Desember, Hari Selasa . Sedangkan Natal 25 Desember 2020 jatuh pada hari Jumat, Cuti Bersama Hari Raya Natal tanggal 24 Desember 2020. Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga mengunjungi handai Taulan dan keluarga besar di kota lain dapat menggunakan perjalanan darat jika dekat. Yang penting anda dapat menyesuaikan waktu yang tepat untuk memulai perjalanan. Karena menjelang natal biasanya lalu lintas padat. Memilih jam dah hari yang sepi adalah jalan terbaik. Solusinya mencari sebanyak mungkin informasi baik dari tv maupun menggunakan aplikasi google map. Dengan fasilitas google map anda dapat mengetahui rute yang mana yang terbaik untuk anda lalui.

2. Hari libur tahun baru (31 Desember – 1 Januari)

Hari libur menjelang akhir tahun 2020 dipastikan sangat ramai. itu terjadi setiap tahunnya. Menjelang hari libur natal dan tahun baru 2020 anda harus mempersiapkan dengan matang dari segi akomodasi mau menginap di hotel mana ataupun booking tiket pesawat yang pastinya harga tiket yang anda beli melejit berkali lipat dari harga hari-hari normal. Kalau anda mencari kamar hotel pada malam 31 desember maka sudah pasti anda tidak akan mendapatkan kamar, Karena kamar sudah full atau dibooking. Liburan menjelang tahun baru, biasanya tidak hanya didatangi oleh orang indonesia saja bahkan orang dari luar negeri datang ke indonesia. Apalagi anda berlibur ke daerah wisata. Anda menggunakan jasa agen perjalanan travel, untuk menghindari masalah transportasi maupun akomodasi. Untuk liburan menjelang malam tahun baru biasanya hanya 1 atau 2 hari saja yang meriah. Selebihnya akan normal seperti hari-hari biasa.

3. Hari Libur Imlek

Hari libur imlek tahun 2020 jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 hari Sabtu. Untuk hari libur imlek jika anda memiliki rencana keluar kota ke tempat saudara ataupun sekedar liburan. Anda jauh-jauh hari harus mempersiapkan rencananya dengan matang. Liburan imlek selalu ramai, dan pastinya melalui perjalanan darat pasti macet jika mendekati hari imlek. Solusinya sama seperti liburan hari besar lainnya, anda mencari waktu yang tepat seperti kapan jam dan hari anda memulai perjalanan. Gunakan aplikasi google map atau informasi dari televisi. Untuk liburan anda dapat menggunakan jasa agen perjalanan travel. Carilah agen travel yang murah dan terpecaya. Sebaiknya anda mendapatkan informasi agen travel sebanyak mungkin dan jauh sebelum hari imlek. Untuk kemeriahan selain hari raya imlek biasanya dilanjut dengan Cap Go Meh.

Imlek dan Cap Go Meh biasanya ramai di kota-kota tertentu di Indonesia. Seperti kota singkawang kalimantan barat, Kota Pontianak Kalimantan Barat, Kota Semarang Jawa Tengah, Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta, Solo Jawa Tengah, Kota Medan Sumatera Utara, Kota Surabaya Jawa Timur dan tentu saja ibukota Indonesia DKI Jakarta. Kalau untuk Luar Negeri anda dapat memilih kota-kota asean terdekat seperti Singapura, Malaysia seperti di kota kuala lumpur dan penang. Untuk negara lainnya yang meriah adalah Hongkong, Beijing, China, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Untuk negara-negara Eropa tidak begitu meriah dibandingkan negara-negara Asia.

4. Hari libur menjelang lebaran idul fitri

Pada hari libur ini biasanya ramai mulai dari bulan puasa ramadhan, jadi bagi anda yang ingin booking hotel ataupun tiket pesawat, tiket kapal, tiket bus dan tiket transportasi lainnya segera memesannya dari pertengahan ramadhan atau mendekati lebaran idul fitri. Untuk tahun 2020, hari raya idul fitri diperkirakan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 hari minggu, hari liburnya 24 – 25 Mei 2020 Hari Minggu dan Senin dan untuk cuti bersama tanggal 22, 26, dan 27 Mei 2020 Hari Jumat, Selasa, dan Rabu. Untuk liburan sekolah, perguruan tinggi biasanya dimulai di bulan puasa ramadhan. Anda bisa melihat kalender pendidikan 2020. Untuk hari libur lebaran, sebenarnya sama dengan hari-hari libur perayaan keagamaan lainnya. Harga tiket transportasi seperti pesawat terbang mahal dan hotel-hotel penuh.

Tapi bagi anda yang berlibur menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, tentunya tidak repot lagi. Yang harus anda perhatikan adalah memilih waktu yang tepat agar tidak terjebak macet di perjalanan. Anda dapat mencari informasi melalui media tv ataupun menggunakan aplikasi google map untuk melihat apakah rute perjalanan anda macet atau lengang.

5. Hari Libur Sekolah

Untuk hari libur sekolah biasanya berbeda-beda tiap provinsi. Tapi tetap sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Untuk itulah penting bagi anda untuk mengetahui Kalender Pendidikan. Biasanya menjelang hari libur sekolah harga tiket pesawat mahal walau tidak semahal hari libur hari besar keagamaan dan tahun baru. Hari libur sekolah dipenuhi oleh siswa maupun mahasiswa yang ingin pulang kampung. Biasanya kota-kota besar yang banyak universitasnya akan sepi.

Keamanan

Pastikan anda meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Barang-barang berharga simpanlah ditempat yang aman. Jika anda tidak keberatan dengan bunga, anda dapat memilih menggadaikan barang sementara anda liburan atau mudik. Menyimpan barang berharga seperti emas, uang, kendaraan dan barang berhaga lainnya di rumah memiliki resiko.

Keamanan perjalanan juga penting. Pastikan anda memilih rute perjalanan yang sepi. Hindari memakai perhiasan yang mahal ditempat yang rawan kejahatan. Tapi sebaiknya anda tetap berwaspada dimanapun anda berada. Karena kejahatan tidak terjadi karena niat pelaku tapi adanya kesempatan membuat tindak kejahatan terjadi.

Demikianlah informasi Hari Libur nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020 dan Tips Perjalanan Liburan sebagai referensi anda sebelum memulai liburan. Kami berharap di hari libur tahun 2019 dan libur tahun 2020 ini anda dapat bahagia bersama keluarga. Selamat berlibur.