Cara menghitung weton lahir jawa berdasarkan tanggal lahir

Weton lahir atau weton kelahiran adalah bagian terpenting dalam budaya jawa terutama digunakan untuk meramal watak, karakter dan sifat seseorang berdasarkan tanggal kelahirannya. Menurut keyakinan masyarakat jawa dan juga bali, tanggal lahir dari bayi yang lahir terkait erat dengan kehidupannya dimasa yang akan datang. Bukan hanya itu saja, Tanggal lahir juga dipercayai akan membawa watak dan sifat bayi tersebut dari kecil sampai mereka beranjak remaja dan dewasa. Mengenai pengertian weton kelahiran sudah kami bahas pada bagian arti weton, yang dapat membantu anda memahami makna weton secara mendalam.

Hitungan Weton berbeda dengan horoskop (zodiak) di negara-negara masehi yang menghubungkan suatu ramalan dengan astronomi seperti Matahari, Bulan, planet, dan Bumi. Ramalan jawa yang berbasis weton ini yang meramalkan karakter dan nasib manusia didasarkan pada weton seseorang dengan cara menggabungkan makna dari hari-hari berpotongan dalam siklus 5 dan 7 hari masing-masing. Selain itu ada juga perhitungan ramalan weton jawa menggunakan cara petungan yang menetapkan nilai numerik untuk setiap hari dalam setiap siklus, lalu menambahkan angka bersama dan menginterpretasikan jumlahnya.

Petungan Jawa merupakan warisan leluhur yang hingga kini masih dijadikan pedoman hidup bagi masyarakat Jawa, pergantian hari, bulan, tahun, dan windu mengandung makna-makna tertentu Menurut masyarakat Jawa, meskipun kelahiran, kematian, jodoh, dan rezeki adalah takdir Tuhan, namun manusia tetap diberi kewenangan untuk berikhtiar dengan prinsip ngelmu laku, jangka-jangkah, dan kodrat wiradat. Berdasarkan ikhtiar inilah Petungan Jawa menjadi penting sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Harapannya manusia selalu mendapat keselamatan dalam menentukan segala pilihan dan dimudahkan untuk segala urusan.

Untuk menentukan tanggal lahir Jawa Anda (weton) dari tanggal lahir Anda sesuai dengan kalender masehi, kami akan menggunakan contoh berikut:

6 Juni 1901

Tanggal lahir = 6
Bulan lahir = Juni
Tahun lahir = 1901

Ini adalah tanggal lahir Pahlawan Nasional sekaligus Bapak Proklamator Indonesia, yaitu presiden pertama Republik Indonesia Dr. Ir. H. Soekarno. Kita akan menghitung weton kelahiran Soekarno secara manual berdasarkan tanggal lahirnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah Pertama

 

Cari tahun kelahiran, 1901 = 01, di kolom di sebelah kiri tabel di bawah ini. Kemudian cari bulan kelahiran Anda, Juni, di kanan atas tabel. Turunkan kolom ini hingga Anda mencapai baris tempat tahun kelahiran. Dalam contoh ini, anda akan mendapatkan angka 6.

Langkah Kedua

tabel bulan tahun kelahiran

Tambahkan angka yang didapat tadi yaitu angka 6, dengan tanggal lahir anda yaitu tanggal 6. Angka yang didapatkan dari penjumlahan tadi adalah 12 (6 + 6 = 12). Berikut ini contohnya:

tabel bulan tahun kelahiran - contoh

Langkah Ketiga

tabel hari kelahiran

Sekarang temukan angka 12 di bagian di gambar tabel dibawah. Baris tersebut didapatkan hari kelahiran anda pada kalender masehi. Pada contoh yang kita gunakan sekarang ini hari tersebut jatuh pada hari Kamis. Berikut contohnya:

tabel hari kelahiran - contoh

Langkah Keempat

Tabel hari kelahiran jawa

Sekarang, untuk menentukan hari kelahiran Anda menurut sistem 5 hari jawa, gunakan tabel berikut dengan cara yang persis sama seperti yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya. temukan persimpangan tahun kelahiran Anda (1901 = 01) dan bulan kelahiran Anda (Juni). Pada contoh terlihat kita menemukan angka 4. Berikut contohnya:

Tabel hari kelahiran jawa - Contoh

Langkah Kelima

nama hari jawa

Selanjutnya tambahkan angka yang didapatkan yaitu 4 dengan tanggal lahir (6), dan temukan jumlahnya (4 + 6 = 10) pada tabel di bawah ini. Baris di mana ia ditemukan akan menunjukkan hari kelahiran menurut minggu Jawa.

Hari kelahiran Jawa anda adalah Pon, dan hari kelahiran masehi adalah Kamis. Hasil yang didapatkan tanggal lahir 6 Juni 1901 weton kelahiran anda adalah Kamis Pon.

nama hari jawa - Contoh

Untuk membuktikannya anda dapat menggunakan cek weton online, yang dapat melakukan perhitungan weton kelahiran secara otomatis hanya dengan menginput data kelahiran, yaitu tanggal, bulan dan tahun kelahiran. Berikut ini hasilnya:

hasil weton online