Home » Tahun Baru Imlek » Cara Membuat Lampion Hiasan Imlek Dari Kertas Sederhana Dan Mudah

Cara Membuat Lampion Hiasan Imlek Dari Kertas Sederhana Dan Mudah

Lampion imlek kertas digunakan untuk dekorasi hiasan dan merupakan tradisi perayaan Tahun Baru Imlek.  Pada kesempatan kali ini, blog tahunbaruimlek.com akan memberikan cara membuat lampion hiasan imlek yang terbuat dari kertas. Pada umumnya bahan yang sering digunakan adalah jenis kertas lembut dan mudah dibentuk seperti kertas minyak, kertas warna, origami atau hvs. Tapi ada juga berbagai kreasi yang menggunakan kertas karton dan botol aqua.

Artikel terkait: Kumpulan gambar imlek 2022

Di pasaran harga lampion imlek berkisar puluhan ribu bahkan ada yang sampai ratusan ribu. Bikin sendiri lebih murah, meskipun proses pembuatan lampion imlek ini mudah dan sederhana tapi hasilnya bagus dan keren, tergantung kreatifitas anda dalam menghiasnya.

Arti warna lampion

Dalam budaya Tionghoa, warna lampion mengungkapkan arti yang berbeda. Meskipun paling banyak digunakan pada perayaan tahun baru imlek, tapi lampion juga digunakan untuk berbagai kegiatan. Berikut arti warna pada lampion:

Lampion imlek merah

Lampion kertas merah adalah simbol kekayaan, ketenaran, dan kemakmuran. lampion merah digunakan untuk merayakan acara-acara kegembiraan dan harmoni, seperti pernikahan, pembukaan bisnis, reuni keluarga, serta perayaan beberapa festival. Menjelang Tahun Baru Imlek akan terlihat banyak lampion berwarna merah yang digantung dan ada juga yang diterbangkan oleh suku Tionghoa di berbagai kota di Indonesia.

Baca: Model Baju Imlek 2022 Terbaru Dan Warna Sesuai Shio

Kuning

Warna kuning sebagian besar digunakan di istana pada zaman kekaisaran Tiongkok. Kuning adalah warna kaisar pada era tiongkok kuno, jadi mereka tidak diizinkan untuk digunakan oleh masyarakat umum. Sekarang dikatakan bahwa lampion kuning dapat membawa keberuntungan bagi masyarakat umum.

Putih

Dalam budaya orang Tionghoa, putih dikaitkan dengan kematian atau pemakaman. Jadi, lampion bambu putih sering digunakan pada upacara pemakaman di Cina.

Hijau

Lampion hijau sering terlihat selama pameran kuil atau Festival Lentera. Hijau memiliki arti kesehatan, kemakmuran, dan keharmonisan.

Baca juga: Ucapan imlek 2022

Cara membuat lampion imlek kertas

Cara membuat lampion imlek kertas itu mudah dan tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit dicari. Hiasan imlek dari kertas walau sederhana, tapi dapat menjadi dekorasi yang indah jika disandingkan dengan hiasan imlek lainnya seperti pohon angpao imlek. Lebih bagus lagi jika anda membuatnya dalam jumlah yang banyak dan disatukan menggunakan tali.

Terkait: 9 tradisi angpao

Persiapan bahan dan alat

Lampion hiasan imlek dari kertas
Lampion hiasan imlek dari kertas

Alat dan bahan harus disiapkan dahulu sebelum membuat lampion supaya hasilnya sempurna.  Berikut bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan

Lampion imlek dapat dibuat dari kertas minyak, kertas origami atau bahan kertas yang sesuai seperti hvs yang harganya lebih murah.

Alat

Selotip atau staples kecil

Cara pembuatan

  1. Langkah pertama tentu saja anda menyiapkan selembar kertas persegi panjang. Potong secarik kertas dari tepi kertas yang panjang (lebar sekitar 1 inci). Ini akan digunakan sebagai pegangan lampion.Langkah 1 lampion imlek
  2. Pada langkah kedua untuk membuat lampion kertasnya harus dilipat secara vertikal, kemudian dibentuk seperti kipas. Lipat kertas menjadi dua memanjang. Potong strip melintang: potong dari tepi terlipat menuju tepi dasar. Berhati-hatilah agar strip tetap terhubung dan jangan memotong setiap strip.Langkah 2 lampion imlek
  3. Buka kertasnya.Langkah 3 lampion imlek
  4. Lingkarkan kertas hingga membentuk tabung. Gabungkan ujung pendek kertas dengan selotip atau staples.Langkah 4 lampion imlek

Rekatkan atau staples pada pegangan yang dibuat pada langkah pertama dan pekerjaan anda selesai. Anda dapat membuat banyak dari mereka dan merangkainya menjadi satu – gunakan selotip kecil untuk menjaga jarak yang sama satu sama lain. dan berikut ini gambar hasil lampion imlek kertas buatan sendiri.

cara membuat lampion imlek kertas
Hasil pembuatan lampion imlek dari kertas

Baca:

Ternyata untuk membuat lampion imlek dari kertas itu tidak sulit, jadi anda dapat mempraktekkannya sendiri di rumah. Daripada membeli, membikin sendiri tentu lebih menghemat biaya. Jika beruntung anda bisa menjualnya dengan keuntungan yang banyak, karena bahannya sederhana dan murah. Anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak dengan beragam warna, supaya terlihat bagus dan keren. Proses pembuatannya akan lebih cepat jika dilakukan bersama-sama keluarga atau dengan bantuan teman.

Share on: