Cara Membuat Hand Sanitizer Daun Sirih Untuk Mencegah Virus Corona

Sejak Virus Corona merebak di Indonesia termasuk varian Covid-19, banyak orang berlomba-lomba membeli masker dan juga antiseptik hand sanitizer. Karena banyaknya permintaan pasar, menyebabkan hand sanitizer langka di pasaran, Bahkan di beberapa daerah habis. Masker yang biasanya mudah di dapatkan juga sulit dicari. Bahkan banyak oknum tidak berperikemanusian yang menimbun membeli dengan jumlah yang banyak untuk dijual kembali dengan harga yang mahal. Karena kelangkaan hand sanitizer ini, di apotik dan beberapa toko obat tidak menjualnya dengan alasan stok habis.

Hand Sanitizer adalah salah satu cara untuk mencegah bakteri yaitu dengan membunuhnya terutama di area tangan termasuk kulit dan kuku. Bahaya virus kalau sudah ada di tangan adalah ketika kita menyentuh bagian muka sehingga bisa masuk melalui hidung maupun mulut. Virus corona juga bisa masuk ketika kita menyentuh makanan.

Berbagai merk Hand Sanitizer yang di temui di pasaran. Bagi yang sulit mendapatkannya di apotik maupun toko obat, dapat membelinya secara online. Tapi biasanya Anda akan mendapatkan harga yang mahal dari harga normal sebelum merebaknya virus Corona. Selain itu hand sanitizer yang dijual kebanyakan mengandung alkohol. merk Hand Sanitizer yang terkenal dan biasa di temukan seperti Antis Hand Sanitizer Spray, Dettol Hand Sanitizer, Bath and Body Works Hand Sanitizer, Klarens Hand Sanitizer, Hand Sanitizer Onemed, Sterobac Hand Sterilizer, Nuvo Hand Sanitizer, Prima Protec Hand Sanitizer, SOS Hand Sanitizer, dan Klinsen Hand Sanitizer.

Banyak cara membuat hand sanitizer yang beredar di internet baik itu melalui website, sosial media seperti facebook, whatsapp, dan lainnya baik yang berbahan dasar alkohol maupun yang menggunakan bahan-bahan alami. Tapi sayangnya dari tutorial dan cara membuat hand sanitizer yang beredar banyak yang tidak berdasarkan ketentuan WHO, BPOM, LIPPI maupun badan kesehatan lainnya. Bahkan dari cara-cara tersebut adalah hoax atau kabar bohong yang tidak sesuai aturan dunia medis. Bahkan ada yang membuatnya dari campuran alkohol dan lidah buaya (aloe vera). Tapi sayangnya dengan campuran yang tidak sesuai ketentuan WHO.

Untuk itulah kami dari tahunbaruimlek.com mencoba untuk berbagi cara membuat hand sanitizer yang benar yang tentunya Resep Hand Sanitizer ini di buat oleh ahli medis berpengalaman yaitu Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR Dr. Retno Sari M.Sc., Apt. Hand Sanitizer ini aman di gunakan karena menggunakan bahan dasar alami yaitu air jeruk nipis dan ekstrak daun sirih. Bagi yang muslim atau beragama islam tidak perlu khawatir menggunakannya karena hand sanitizer ini dibuat tanpa alkohol. Jadi selain aman juga 100% halal. Berikut ini resep cara membuat Hand Sanitizer Daun Sirih Untuk Mencegah, Membunuh Virus Corona, bakteri, dan kuman. Sebelum merebaknya virus corona, Hand Sanitizer ini juga digunakan pada saat merebak flu burung.

cara membuat hand santizer daun sirih

Bahan:

50 gram daun sirih hijau
Air Jeruk nipis 20 ml
Aquadest

40 ml.ekstrak sirih
5-10 ml air jeruk nipis
Aquadest ad 100 ml

Untuk pembuatan ekstrak daun sirih hijau:

Daun sirih dicuci dan ditiriskan, kemudian potong2 kecil. Timbang 50 g, masukkan wadah, tambahkan aquadest atau air matang kira2 sejumlah 150-200 ml sampai sirih terendam.
Siapkan panci berisi air. Letakkan diatas kompor. Nyalakan api kecil
Masukkan wadah berisi sirih dan air kedalam panci berisi air tersebut.
Panaskan pada suhu 90 derajat celcius selama 15 – 30 menit
Dinginkan rebusan daun sirih kemudian disaring.
Tambahkan air sampai 200 ml

Untuk pembuatan 100 ml hand sanitizer :
40 ml ekstrak daun sirih
5 – 10 ml air perasan jeruk nipis yg telah disaring
50 – 45 ml aquadest
Campur rata, saring dengan kertas saring dan masukkan ke dalam botol semprot

Demikianlah cara membuat hand sanitizer dengan daun sirih yang benar sesuai aturan dunia kesehatan(medis) oleh Dr. Retno Sari M.Sc., Apt. Untuk video cara pembuatannya anda bisa menontonnya di link dibawah ini:

Video cara membuat hand santizer daun sirih