Apa Itu Kalender Pendidikan Dan Siapa Yang Membuatnya? Ini Jawabannya

Menjelang peralihan tahun 2020 ke tahun 2021 tentunya anda sudah mulai mencari kalender pendidikan 2021. Mungkin diantara anda masih banyak banyak yang belum mengetahui istilah dan pengertian dalam dunia pendidikan (akademik). Pada artikel ini kami akan memberikan pengertian dari kalender pendidikan dan pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan. Dengan adanya kalender pendidikan maka memudahkan pihak sekolah maupun siswa dan orang tua/wali untuk mengatur jadwal kegiatan pendidikan dengan baik dan benar.

kalender pendidikan 2020-2021

kalender pendidikan 2020-2021 dki jakarta

  • Apa itu kalender pendidikan?

kalender pendidikan atau Kalender akademik adalah istilah umum dalam dunia pendidikan yang merujuk kepada jadwal kegiatan tahunan suatu lembaga pendidikan yang memuat semua hal terkait dengan proses belajar-mengajar, penerimaan peserta didik, dan kelulusan. Kalender akademik ini disusun dalam suatu pola yang menggambarkan jangka waktu dan jenis kegiatan akademik. Pada umumnya, kalender akademik terbagi menjadi tiga bagian, yakni semester gasal, semester genap, dan semester khusus.

  • Siapa yang membuat kalender pendidikan?

Pada umumnya kalender akademik ini dibuat oleh lembaga pendidikan, misalnya sekolah dan perguruan tinggi.

  • Apa itu Tahun ajaran?

Tahun ajaran adalah awal dari dimulainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Tahun ajaran baru ditetapkan oleh Dinas Pendidikan yaitu pada bulan Juli setiap tahun dan berakhir di bulan Juni tahun berikutnya.

  • Apa itu Minggu Efektif

Minggu Efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Setiap sekolah bisa menyesuaikan jumlah tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.