Tradisi Angpao Uang Dalam Amplop Merah Selama Tahun Baru Imlek

Angpao merupakan tradisi tionghoa yang tidak pernah ketinggalan di saat Tahun Baru Imlek. Amplop merah yang biasanya di isi uang ini di berikan kepada oleh orang tua ke pada anak-anak, kepada saudara, kepada orang yang sudah lanjut usia sebagai hadiah dalam perayaan Tahun Baru Imlek.

angpao

angpao 2020

Dalam bahasa mandarin angpao lebih di kenal dengan sebutan hongbao, sedangkan dalam bahasa kanton laise dan dalam bahasa inggris red envelope. Arti sebenarnya adalah paket merah, walaupun dari bentuk yang terlihat bukanlah paket tetapi berbentuk amplop berwarna merah.

Mengapa selama tahun baru imlek memberikan angpao

Orang-orang cina di tiongkok sangat menyukai warna merah. Mereka menganggap warna merah memiliki makna keberuntungan, kebahagiaan dan simbol energi. Makna dari pemberian uang dalam amplop berwarna merah adalah memberikan keberuntungan dalam bentuk uang serta harapan dan doa.

Mungkin banyak yang berharap uang di dalamnya yang lebih penting, bukan kertas merahnya yang setelah itu banyak di buang. Akan tetapi tradisi memberikan uang dalam amplop merah sebenarnya memberikan makna dan doa bagi orang-orang yang menerimanya akan mendapatkan berkah dan kebahagian. Jangan pernah membuka angpao tersebut di depan orang yang memberinya, karena dalam tradisi cina itu menunjukan ketidaksopanan.

Angpao secara tradisi di berikan oleh orang yang sudah menikah. sedangkan bagi yang belum menikah tidak ada kewajiban untuk memberikannya kepada orang lain. Tradisi pemberikan angpao ini sebenarnya hanya untuk orang yang sudah bekerja dan mendapatkan uang. Dengan memberikan ang pao selama Tahun Baru Imlek maka anda telah berbagi keberkahan yang anda miliki kepada orang lain.

Waktu pemberian angpao ini biasanya pada malam Tahun Baru Imlek atau pada hari Tahun Baru Imleknya. Biasanya orang tua sudah menyiapkan angpao ini ke pada anak-anak mereka. Selain anak-anak angpao di berikan dan diterima antar anggota keluarga dan kerabat lainnya.

Siapa Yang Menerima Angpao dan Berapa Jumlah Uangnya

Pemberi dan penerima angpao

Memberikan amplop merah atau angpao adalah tradisi di Tahun Baru Imlek.

Ang pao juga sering di bagikan oleh orang tua serta kakek dan nenek walaupun anda sudah menikah yang merupakan simbol berbagi keberkahan dan cinta kasih yang mereka miliki.

Jumlah pemberian uang angpao sebenarnya tergantung kemampuan finansial dan keuangan anda. contoh:
Kepada orang tua anda atau kakek anda 1.000.000, 10.000.000 Rupiah atau bahkan lebih daripada itu, karena merekalah anda bisa besar seperti sekarang ini.
Kepada generasi muda yang masih menuntut ilmu dan tanpa penghasilan (pelajar dan mahasiswa), seperti misalnya anak kerabat anda, kolega ataupun anak teman dekat anda sekitar 50.000-200.000 rupiah.
Kepada karyawan anda: 100.000-1.000.000 rupiah ( berikanlah pada hari terakhir bekerja sebelum Tahun Baru Imlek)
Untuk anak-anak dan bayi yang ini perlu anda persiapkan dalam jumlah amplop merah yang banyak yaitu sekitar 1.000 sampai dengan 5.000 rupiah. Anda bisa memberikan angpao ini kepada anak-anak atau bayi dari anak orang lain yang anda kenal selama masa periode Tahun Baru Imlek.

Tradisi dan Pantangan Dalam Pemberian Angpao

Pemberi Angpao Amplop Merah

1. Jangan memberikan uang koin kedalam amplop angpao
2. Tradisi bagi cina di tiongkok selalu memberikan uang yang masih baru ke dalam angpao tahun baru imlek. Pemberian uang yang kotor dan kusut mencerminkan ketidaksopanan. Jika uang yang anda miliki kotor, lusur dan rusak anda bisa menukarkan uang tersebut ke bank. Lakukan hal ini sebelum Tahun Baru Imlek. Biasanya untuk menukar uang menjelang imlek anda akan mengantri cukup lama. Tapi ini lebih baik anda lakukan, daripada anda memberikan uang yang jelek bentuknya.
2. Jangan memberikan uang angpao dengan kelipatan 4 atau ada angka empatnya. Dalam kepercayaan cina, angka 4 ini di anggap angka sial. Karena jika di ucapkan terdengar seperti mati atau kematian.
3. Akan lebih baik jika anda memberikan uang angpao yang dimulai dari angka 8 atau akhirannya. Pemberikan angpao dianggap angka hoki atau angka keberuntungan. Misalnya anda bisa memberikan dengan kelipatan uang Rp. 800, Rp. 8.000, Rp. 80.000, Rp. 800.000. Rp. 8.000.000 dan seterusnya.
4. Persiapkan terlebih dahulu uang angpao yang berbeda-beda selama Tahun Baru Imlek sampai dengan Hari Cap Go Meh. Tujuannya agar anda mudah memberikan angpao ini tanpa harus memasukannya di depan orang tersebut. Karena sewaktu-waktu anda bertemu dengan orang yang layak untuk di beri angpao tanpa anda duga.
5. Memberikan kata-kata dalam amplop merah angpao dengan tulisan yang berhubungan dengan keberuntungan, kemakmuran, kebahagiaan, panjang umur dan kesehatan. Diharapkan, kata-kata tersebut dapat menjadi doa yang berkah selama Tahun Baru Imlek. Baca untuk mempelajari kumpulan UcapanĀ  Selamat Tahun Baru Imlek.

Contoh amplop merah angpao tahun baru imlek 2020

Contoh amplop merah angpao tahun baru imlek 2020

Penerima Angpao Amplop Merah

1. Ketika anda menerima angpao, langsung ucapkan terima kasih dan sapalah orang yang memberikan angpao dengan ucapan dan doa keberuntungan. Anda bisa mempelajarinya pada ucapan selamat tahun baru imlek.
2. Terimalah amplop angpao dengan kedua tangan, Jangan menggunakan satu tangan karena terkesan tidak sopan.
3. Jangan membuka amplop angpao di depan orang yang memberikan angpao. Bukalah amplop tersebut ketika anda sudah dirumah atau ketika sendirian.

Artikel lain tentang tahun baru imlek