Home » Tahun Baru Imlek » 9 Tradisi Angpao dan arti Ang Pao Na Lai

9 Tradisi Angpao dan arti Ang Pao Na Lai

Angpao merupakan tradisi penting orang Tionghoa setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Berapapun jumlahnya tidak masalah karena tujuannya adalah mendapatkan keberuntungan. Tapi pembagian ampao hanya boleh diberikan dari orang yang sudah menikah.

Ang bao secara tradisional dibagikan oleh pasangan yang sudah menikah kepada orang tua, dewasa lajang, dan anak-anak mereka selama perayaan Tahun Baru Imlek sebagai tanda keberuntungan dan berkah.

Apa itu angpao?

Yang dimaksud dengan Angpao adalah tradisi penting orang Tionghoa memberikan uang dalam amplop merah setiap Tahun Baru Imlek dari orang yang lebih tua ke orang muda atau anak-anak. tradisi pemberikan uang dalam amplop merah bahkan telah dimulai sejak Dinasti Han.

Arti Ang Pao Na Lai! (恭喜 发财! 红包 拿来!)

Ang Pao Na Lai atau Hong Bao Na Lai artinya adalah bawa amplop merahnya, atau bisa juga mana ampaonya. Dalam bahasa mandarin lengkapnya Gōnɡxǐ fācái,hónɡbāo nálái ! 恭喜发财, 红包拿来! artinya Semoga Anda beruntung! Beri saya amplop merah!

9 Tradisi Angpao

Tradisi amplop merah ini tidaklah baku, tapi untuk kesopanan lebih baik sesuai aturan yang berlaku agar suasana perayaan menjadi meriah dan tetap hikmat.

1. Berapa jumlah yang layak untuk diberikan?

Tidak ada jumlah yang pasti, tergantung keikhlasan dan kemampuan karena angpao syarat tradisi bukan transaksi.

2. Apakah jumlah tiap Angpao berbeda?

Jumlah pastinya tidak tetap. Karena dalam tradisi Tionghoa, khususnya Konghucu, cinta kepada anggota keluarga dekat dan kepada teman harus berbeda. Yang diutamakan tentu saja keluarga.

3. Jumlah uang  bilangan genap

Dalam tradisi Tiongkok, angka genap lebih disukai, karena hal-hal baik datang berpasangan dan mendatangkan keberuntungan.

4. Tidak sopan membuka angpao di depan orang lain

Tidak sopan jika anda membukanya di depan orang lain terutama yang memberikannya. Bukalah di rumah. Untuk anak-anak biasanya orang tua akan mengingatkan.

5. Amplop berwarna merah

Diupayakan memberikan amplop angpao berwarna merah, karena di Tahun Baru Imlek merah menandakan keberuntungan. Jangan pernah memberikannya kedalam amplop berwarna putih. Karena amplop warna putih diberikan oleh keluarga kepada orang berduka meninggal atau melambangkan pemakaman.

6. Menerima dengan kedua tangan

Menerimanya dengan kedua belah tangan. Ini akan lebih sopan.

7. Ucapkan salam Tahun Baru Imlek

Saat menerima angpao lebih sopan jika Anda mengatupkan kedua tangan di depan dada dan menggoyangkannya ke atas dan ke bawah dengan lembut sambil mengucapkan salam Tahun Baru Imlek.

8. Pasangan yang baru menikah memberikan angpao ganda?

Garis keturunan Kanton memberikan angpao ganda. Hal ini dipengaruhi oleh drama Hong Kong di TV yang sekarang ini terkenal. Tapi jika anda merasa bukan garis keturunan kanton, tidak perlu melakukannya.

9. Berikan uang yang masih baru

Tahun Baru Imlek menandakan pergantian tahun baru dan semua serba baru untuk mendatangkan keberuntungan. Jangan berikan uang yang sudah lusuh, usahakan menukarnya terlebih dahulu di Bank.

Contoh gambar angpao 2022

Berikut contoh angpao berwarna merah sesuai dengan tema imlek 2022 dengan shio macan. Gambarnya menarik dan lucu!!. Yang menerimanya pasti akan suka. Pada contoh ini ada yang lucu dan ceria untuk anak-anak dan ada juga contoh angpao yang formal untuk orang dewasa.

Contoh angpao tahun baru imlek 2022

Contoh angpao tahun baru imlek 2022
Contoh angpao tahun baru imlek 2022

Ang Pao Na Lai

Ang Pao Na Lai
Ang Pao Na Lai

Perayaan hari raya yang terdapat tradisi pembagian angpao dirayakan oleh umat?

Jawabannya adalah umat Khonghucu

Kenapa orang yang belum menikah tidak boleh memberi angpao?

Berdasarkan tradisi orang tionghoa, jika orang yang belum menikah memberikan angpao kepada orang lain diramalkan sulit mendapat jodoh.

Ucapan Tahun Baru Imlek Populer

Berikut ini adalah kata-kata imlek yang paling sering dibagikan atau di ucapkan:

  • Gong Xi Fa Cai : “Semoga Anda kaya dan makmur”

  • Cai Yuan Gun Gun : “Semoga kekayaan mengalir deras”

  • Shi Ye Fa Da : “Semoga karirmu melejit”

  • Xin Xiang Shi Cheng : “Semoga semua keinginanmu terkabul”

  • Shen Ti Jian Kang : “Semoga Anda sehat”

  • 新年快乐 – Happy Chinese New Year. … artinya Selamat Tahun Baru Cina.

  • 新年好 – Happy Chinese New Year (simple version) …

  • 春节快乐 – Happy Spring Festival. … Selamat Festival Musim Semi

  • 祝您 – Wish You. …

  • 希望你 – Hope You. …

  • 身体健康 – Good Health. …

  • 祝您新年快乐,身体健康 – Wish You a Happy New Year and Good Health. … Semoga Anda Berbahagia Selamat Tahun Baru dan Kesehatan yang Baik.

  • 年年有余 – Surplus & Abundance Year After Year. Surplus dan Kelimpahan Tahun demi Tahun

Sumber: thewoksoflife.com

Share on: