16 ciri ciri wanita yang baik untuk di jadikan istri menurut primbon

Ada pepatah dari orang jawa zaman dahulu “lelaki yang baik untuk perempuan yang baik“. Bermakna bahwa setiap pria yang memiliki sifat dan watak yang baik seharusnya menikahi wanita yang baik pula. Tapi pada kenyataannya zaman sekarang banyak yang salah pilih wanita untuk di jadikan istri. Banyak yang tergoda dan tertarik kepada wanita karena fisik dan kecantikannya saja. Sehingga banyak pria baik, malah mendapatkan jodoh wanita yang berwatak buruk dan jahat.

Ciri wanita yang baik (Katuranggan) ada tercatat di dalam kitab primbon jawa. Salah satunya adalah kitab primbon Betaljemuk Adammakna. Dalam kitab primbon yang banyak membahas ramalan jodoh itu, dijelaskan bahwa untuk mengetahui watak wanita yang baik tidak hanya dilihat dari perilakunya sehari-hari. Tapi juga dari betuk fisik tubuh wanita tersebut. Penting bagi anda untuk mengetahui ciri-ciri wanita untuk di jadikan istri sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan, agar tidak salah memilih jodoh. Selain itu anda juga bisa menggunakan metode primbon lainnya seperti memilih jodoh berdasarkan tanggal lahir untuk mengetahui kecocokan jodoh Anda.

Ciri ciri wanita baik untuk dijadikan istri

ciri wanita yang baik
ciri-ciri wanita yang baik untuk dijadikan istri menurut primbon jawa.
  1. Jika agak tinggi badannya dan kuning kulitnya, tangkas, matanya lembut dalam menatap, maka wanita tersebut teliti dan rajin, baik hati dan pandai dalam urusan ranjang.
  2. Jika besar badannya proporsional (seimbang), wajahnya cantik, sederhana, pendiam, tidak grasa grusu, bicara yang perlu saja. Setia, berbakti pada suami, suka bertapa(tirakat). artinya wanita tersebut baik. Terkecuali jika berselisih maka akan pergi meninggalkan suaminya.
  3. Jika bentuk badannya tinggi, matanya manis (njait), bertutur kata lemah lembut. Artinya wanita tersebut dapat menyimpan rahasia dan mempunyai kemampuan menyelesaikan berbagai masalah.
  4. Tubuhnya mbambang awak (merah kehijauan), kecil, pinggangnya ramping dan serba pantas tingkah lakunyanya. Rambutnya panjang berwarna hitam agak kehijauan. Ini adalah ciri wanita yang sangat baik mustikawati. Memiliki kemampuan mengatasi segala hal.
  5. Berkulit putih, banyak berbicara, rambutnya keras. Artinya mendatangkan rezeki serta mendapat rahmat Tuhan. Wanita ini lebih baik di jadikan istri jika berjodoh, karena rajin beribadah dan taat perintah agama.
  6. Kulitnya berwarna hitam, badannya berpostur besar, rambutnya lemas. Wanita ini termasuk jodoh yang baik.
  7. Jika berkulit agak kekuningan, rambutnya lebat, panjang dan bertekstur keras. Inilah salah satu ciri wanita baik.
  8. Jika besar badannya proporsional (seimbang), mukanya bulat panjang, kakinya hitam, rambutnya lemas dan warnanya hitam. Di ramalkan wanita ini akan mendatangkan rezeki. Tetapi jika cemburu pada suaminya, maka akan ditinggalkannya.
  9. Jika wajahnya berseri, bentuk pinggangnya ramping, berkulit halus, rambutnya lebat dan hitam. Artinya jika menikah, wanita ini taat pada perintah suaminya.
  10. Berkulit hitam, badannya tinggi besar, kakinya agak pendek. Jika pria berjodoh dengannya, wanita ini akan berkelakuan baik.
  11. Apabila wajah wanita manis berseri, Berkulit mbambang awak. Artinya wanita ini akan siap berkorban harta benda miliknya. Karena dia sangat mencintai suaminya.
  12. Jika badannya besar, warna kulitnya hitam, rambutnya lemas.
  13. Tubuhnya ramping/kecil, warna kulitnya kuning, kulit telinga, mulut serta bibirnya kering dan pecah-pecah. Artinya wanita tersebut suci, baik hati, dan berbakti kepada suaminya. Kelemahan wanita ini adalah tidak pandai melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga.
  14. Kakinya kecil meruncing, Jari-jari kakinya kecil, Warna kulitnya hitam, dan kakinya agak pendek. Ini adalah ciri wanita baik hati.
  15. Sinomnya (anak rambut bagan depan/dahi) berlingkar, warna kulitnya kuning dengan urat agak kehijauan, wajahnya cantik, dan bertutur kata lembut. Menggambarkan wanita yang hemat, tetapi jika tidak perlu maka tidak sayang akan hartanya. Wataknya berwibawa, berbakti pada suami, rela dimadu. Wanita dengan ciri seperti ini sulit di cari. Karena sangat di rekomendasikan untuk di ambil sebagai istri.
  16. Wanita baik dengan ciri berjalan perlahan seperti harimau yang lapar (macan luwe), warna kulitnya kuning, badannya agak tinggi, wajahnya agak kehijauan.