Home » Tahun Baru Imlek » 10 Makanan Cina Yang Paling Sehat Untuk Tahun Baru Imlek

10 Makanan Cina Yang Paling Sehat Untuk Tahun Baru Imlek

Makanan Cina Yang Paling Sehat
10 Makanan Cina Yang Paling Sehat Untuk Tahun Baru Imlek

Makanan Cina cepat saji memang enak, tetapi seperti masakan lain yang menawarkan makanan cepat saji lainnya, beberapa pilihan yang ditawarkan berkemungkinan tinggi garam, gula, minyak, dan aditif olahan. Anda bisa memilih masakan cina yang lebih sehat sebagai pilihan disesuaikan dengan selera Anda. Pilihlah restoran yang menawarkan pilihan yang lebih rendah lemak, gula, dan garam.

Makanan Cina Enak Dan Sehat

Tahun Baru Imlek tersaji berbagai makanan khas cina. Sudah tradisi bagi tionghoa menyambut kedatangan keluarga dengan makanan khas cina. Sesekali tidak ada salahnya menikmati menu makanan yang enak . Tapi jika anda yang sedang diet, tentu khawatir tingkat kadar lemak dan kalori dari masakan tersebut. Anda tidak perlu khawatir, banyak cara menyajikan makanan cina yan enak tapi menyehatkan.

Berikut adalah 10 pilihan makanan Cina yang paling sehat untuk tahun baru imlek

1. Pangsit kukus

Apa itu pangsit kukus?

Pangsit yang sama disebut jiaozi jika hanya dikukus atau direbus. Pangsit (nama Kanton) atau hún dun dalam bahasa Mandarin (雲呑/餛飩) adalah jenis lain dari pangsit. Bentuknya mirip dengan tortellino Italia. Biasanya direbus dalam kaldu atau sup ringan dan dibuat dengan isian daging atau udang.

Pangsit yang ditawarkan di restoran Cina adalah kantong adonan berisi daging dan sayuran yang dibumbui, biasanya daging babi dan kubis.

Mereka sering digoreng, tetapi Anda dapat memilih untuk mengukusnya sebagai gantinya untuk mengurangi kalori dan lemak. Satu pangsit kukus sedang hanya 40 kalori (1Trusted Source).

Meskipun saus celup berbahan dasar kecap rendah kalori, namun tinggi sodium, jadi cobalah untuk membatasi jumlah saus yang Anda gunakan terutama jika Anda sensitif terhadap garam.

Pangsit kukus
Pangsit kukus  sumber gambar: rasamalaysia.com

2. Sup panas dan asam

Sup panas dan asam adalah sup dari tradisi kuliner Asia. Dalam semua kasus, sup mengandung bahan untuk membuatnya pedas dan asam. Sup panas dan asam dibuat dengan jamur, rebung, telur, dan jahe dalam kaldu ayam. Ini juga mengandung cuka dan rempah-rempah, yang menambahkan komponen panas dan asam ke piring. Anda bisa membuatnya lebih sehat dengan menghindari mie lo mein goreng yang sering ditawarkan sebagai topping (2Trusted Source, 3Trusted Source ).

Sup panas dan asam
Sup panas dan asam sumber gambar: wikipedia.org

sumber gambar: wikipedia.org

3. Moo goo gai pan

Moo goo gai pan adalah ayam dengan jamur dalam saus tiram, yang bisa menjadi hidangan tumis atau hidangan, dibuat dalam pot tanah liat. Versi Cina-Amerika adalah hidangan tumis sederhana dengan irisan tipis ayam, jamur kancing putih, dan sayuran lainnya.

Karena penuh dengan sayuran dan ayam tanpa lemak, maka kalorinya relatif rendah.

Moo goo gai pan
Moo goo gai pan sumber gambar: dinneratthezoo.com

4. Daging sapi dan brokoli

Brokoli & Daging Sapi diyakini berasal dari masakan Cina yang disebut “Gai Lan Chao Niu Rou” (芥兰炒牛肉) – juga dikenal sebagai Daging Sapi Goreng Brokoli Cina.

Ini adalah hidangan yang relatif sehat yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Namun, sering dibuat dengan potongan daging sapi yang berlemak. Anda dapat mengurangi kandungan lemak dengan meminta brokoli kukus daripada tumis dan menanyakan apakah mungkin menyajikan saus sebagai pelengkap.

Daging sapi dan brokoli
Daging sapi dan brokoli sumber gambar: recipetineats.com

5. Chop suey

Chop Suey adalah hidangan sayuran tumis yang dimasak dengan daging seperti ayam dan babi.

Seperti tumisan lainnya, ini adalah pilihan yang lebih sehat karena terbuat dari sumber protein dan sayuran.

Chop suey
Chop suey sumber gambar: recipetineats.com

6. Ayam dan brokoli

Ayam dan brokoli mirip dengan daging sapi dan brokoli, terdiri dari ayam dan brokoli yang digoreng dengan saus ringan. Namun, ini adalah pilihan yang lebih ramping daripada daging sapi dan brokoli yang masih menawarkan banyak protein. Satu cangkir (153 gram) menyediakan 13 gram protein dan hanya 145 kalori.

Ayam dan brokoli
Ayam dan brokoli sumber gambar: thewoksoflife.com

7. Salmon panggang

Banyak restoran Cina menawarkan pilihan salmon panggang, yang merupakan pilihan tepat. Tentunya yang kita pilih adalah dari sumber makanan yang rendah lemak.

Salmon panggang kaya akan protein, kaya akan lemak omega-3 yang sehat, dan bebas karbohidrat. Porsi 3 ons (85 gram) yang dimasak dengan mentega mengandung 156 kalori, 21 gram protein, dan 7 gram lemak.

Salmon panggang
Salmon panggang sumber gambar: rasamalaysia.com

8. Happy family

Happy Family adalah hidangan yang menggabungkan berbagai daging dengan sayuran segar dalam saus Cina berwarna cokelat muda. Biasanya dagingnya adalah ayam, sapi atau babi serta makanan laut – biasanya udang. Kombinasi daging yang luar biasa ini menjadikannya favorit di menu bawa pulang karena Anda mendapatkan banyak protein dalam satu pesanan.

Happy family
Happy family sumber gambar: rasamalaysia.com

9. Buddha’s delight (Kegembiraan Buddha)

Kegembiraan Buddha, yang sering diterjemahkan sebagai Luóhàn zhāi, lo han jai, atau lo hon jai, adalah hidangan vegetarian yang terkenal dalam masakan Cina dan Buddha.

Buddha’s delight (Kegembiraan Buddha)
Buddha’s delight (Kegembiraan Buddha) sumber gambar: wikipedia.org

10. Sayuran moo shu

Secara tradisional dibuat dengan daging babi dan sayuran, moo shu adalah tumisan Cina yang disajikan dengan panekuk Mandarin yang sangat tipis untuk dimakan bersama. biasanya menyajikan bahan-bahan seperti daging babi goreng, kol parut, jamur, wortel, dan bawang.

Untuk memaksimalkan potensi manfaat kesehatan, kurangi sausnya dan pertimbangkan untuk melewatkan sisi panekuk yang biasanya disajikan dengannya.

Sayuran moo shu
Sayuran moo shu sumber gambar: thewoksoflife.com

sumber gambar: thewoksoflife.com

Share on: